" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kadin Jakbar dan perguruan tinggi bantu permodalan UMKM

Kadin Jakbar dan perguruan tinggi bantu permodalan UMKM

JAKARTA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kodya Jakarta Barat bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dan lembaga perguruan tinggi untuk membantu permodalan bagi usaha skala mikro, kecil dan menengah (UMKM).Ketua Umum Kadin Kodya Jakarta Barat M. Effendi Saud S. mengatakan banyak perusahaan dan lembaga perguruan tinggi di wilayah Jakarta Barat yang memiliki program sosial atau corporate social responsibility (CSR) dengan dukungan anggaran yang cukup besar.

"Bantuan bagi UMKM yang diusahakan Kadin tersebut mencakup pinjaman modal, peningkatan kualitas produk dan-akses pasarnya serta pengelolaan keuangan usaha yang benar," katanya kemarin. Dia mengatakan banyak pengusaha besar di wilayah Jakarta Selatan yang sekaligus merupakan anggota Kadin Kodya Jakarta Barat memiliki program dana CSR yang disalurkan kepada masyarakat di sekitar lokasi tempatnya berusaha.

Untuk itu, lanjutnya, relatif tidak sulit bagi Kadin untuk mengajak mereka mengalokasikan sebagian dana CSR guna mendukung program peningkatan permodalan bagi UMKM di wilayah Jakarta Barat. "Demikian juga dengan lembaga perguruan tinggi, dalam hal ini Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti yang memiliki program bantuan pinjaman modal bergulir dan pelatihan bagi usaha skala mikro, kecil dan menengah agar usahanya terus meningkat."

Menurut Effendi, pihaknya selain bekerja sama dengan perusahaan besar dan lembaga perguruan tinggi itu juga telah sepakat dengan pihak Bank DKI untuk membantu permodalan dengan persyaratan dan suku bunga yang relatif ringan bagi para pelaku UMKM. Dukungan permodalan dan pelatihan itu tidak hanya bagi UMKM yang akan ditempatkan di sentra UMKM yang disiapkan Pemkot Jakarta Barat di Rawabuaya, Tegal Alur dan Kembang-an, melainkan juga di lokasi binaan Kadin Kodya Jakarta Barat yang lain.

Sementara itu, Sekretaris Program Studi Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti M. Yudhi L. mengatakan pihaknya memiliki programpelatihan, pembinaan dan dukungan permodalan bagi UMKM dengan dana dari program sosial para dosen dan mahasiswa.

Dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti mencapai 180 orang bersama sejumlah mahasiswa membentuk kelompok-kelompok kecil beranggotakan tiga dosen dan sejumlah mahasiswa yang menghimpun dana sosial sebesar Rp5 juta-Rp7 juta per kelompok. Melalui program pengabdian kepada masyarakat itu, lanjut Yudhi, fakultas menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan bagi UMKM, dukunui dana permodalan bergulir tanpa bunga hingga Rp 10 juta per orang dengan masa pengembalian 1 tahun-3 tahun.

"Selama ini kami sudah membina usaha skala UMKM bidang garmen dan makanan di daerah binaan kami di Jatipulo Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, Kalibata Jakarta Selatan, dan Klender Jakarta Timur," katanya. Yudhi mengatakan fakultas dan Kadin Kodya Jakarta Barat bekerja sama untuk melakukan pembinaan bagi UMKM dengan bidang usaha yang lebih beragam seperti tekstil, makanan dan agro yang dapat dijadikan sebagai produk andalan.

info pasar lukisan dan industri kreatif.http://artkreatif.net/

Entri Populer