" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pertajam Keterampilan Bisnis Waralaba

Pertajam Keterampilan Bisnis Waralaba


>>>>>Pertajam Keterampilan Bisnis Waralaba

Banyak pengusaha sukses menjalankanbisniswara-laba. Omzetnya mulai dari ratusan juta.miliaran.hing-ga triliunan rupiah per bulan. Tidak heran bila bisnis waralaba merebak di mana-mana. Mulai dari produk makanan sam pai j asa pendidikan. Sebagian peserta program Wirausaha Muda Mandiri pun bergerak di bisnis waralaba.

Sebagai upaya sistematis untuk memperkuat keterampilan mengelola usaha waralaba [franchise). Bank Mandiri mengadakan workshop bertema "How to Franchise Your Business*. Workshop diberikan bagi 25 orang finalis nasionaldan pemenang program Wirausaha MudaMan diri Angkatan 2007-2010, selama tiga hari, sejak Rabu (6/4) hingga Jumat (8/4), di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta.

Senior Vice President Corporate Secre tan- Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro mengatakan, program workshop bisnis waralaba bertujuan untuk membekali alumnus program Wirausaha Muda Mandiri yang berbisnis waralaba. "Melalui program ini, peserta tidak hanya diberi pelatihan teknis bisnis waralaba, tapi juga petunjuk bagaimana proses dan tahapan bisnis waralaba yang baik dan benar, dari sisi mana-jemen maupun hukum," kata Sukoriyanto.

Banyak kejadian di lapangan ketika terjadi konflik antara pemilik merek dan mitra usaha bisnis waralaba tidak dapat diselesaikan secara baik hingga berujung pada bangkrutnya bisnis. Hal itu, menurut Sukoriyanto, terjadi lantaran pebisnis waralaba tidak memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas. "Dengan wrkshop ini, alumnus program Wirausaha Muda Mandiri yang bergerak di bisnis waralaba diharapkan makin tangkas untuk terus meningkatkan bisnisnya, dan lebih siap sebagai perusahaan franchise," tandas Sukoriyanto.

Mbrte/iop digelar bekerja sama dengan International Franchise Business Management i.IFBMi. Acara menghadirkan para pema teri (senior konsultan) yang berkompeten di bidang bisnis waralaba seperti Burang Riyadi MBA, Ir Royandi Yunus MBA, Iqbal Kurniadi, serta tim konsultan IFBM lain.

Masing-masing pemateri memberi pembekalan di bidang strategi, manajemen, organisasi, dan program pelatihan waralaba. Antara lain bagaimana memahami bisnis waralaba berdasarkan peraturan pemerintah dan praktik umum (common practice), yang mencakup definisi dan keuntungan kerugian waralaba.

Kemudian, kriteria dan ketentuan sesuai peraturan pemerintah, cara mengurus pendaftaran waralaba, serta prinsip-prinsip mewaralabakan yang efektif."Pokoknya semua tentang bisnis waralaba di beber secara rinci dan detail -supaya peserta betul-betul menguasai apa dan bagaimana bisnis waralaba," tambah Assistant Vice President CSR Center Bank Mandiri, Nila Mayta Dwi Rihandjani.

Para pemateri. menurutnya, mengajarkan cara membentuk business concept yang layak waralaba (jrxindiisable), menggali filosofi usaha, menentukan visi dan misi usaha, membentuk konsep usaha yang terukurdari sisi keuangan, sampai membentuk organisasi /ranch isor( pemberi waralaba). Dari sana dapat diketahui bahwa tidak semua jenis bisnis layak untuk diwaralabakan.

Rosnendya Wishnu Wardhana, seorang peserta program, mengaku beruntung ikut pelatihan. "Karena kami jadi tahu ilmunya berbisnis waralaba." tandas pemenang penghargaan WMM Angkatan 2010 yangmemilikiusahaOleh-Oleh Khas Melayu Batam ini.

Menurutnya, pelatihan ini memberinya pemahaman bahwa bisnis waralaba tidak hanya berusaha meraih laba sebanyak-banyaknya, tapi juga menciptakan brnndhig yang membanggakan. "Inilah value-nya," kata pria yang akrab disapa Wishnu ini.

Saat ini Wishnu belum mewaralabakan bisnis makanan yang digelutinya. Tapi dengan bekal yang didapatkan dari pelatihan, ke depan jika berbisnis waralaba, dia sudah menguasai ilmunya.

"Saya akan menggodok lebih dulu semua pengetahuan yang saya dapatkan dari pelatihan ini, sebelum terjun di bisnis waralaba." kata Wishnu.

Demikian pula dengan Agung Nugroho Susanto, peserta program pelatihan lainnya. Sekarang dia makin terbuka. "Walaupun bisnis waralaba saya sudah punya 170 outlet, ternyata banyak sekali sistemnya yang harus dibenahi,"kara pemilik waralaba laundry kiloan Simply Fresh. Bagi Agung, workshop sangat membantu memantapkan dirinya bergerak di bisnis waralaba.

Manfaat Ganda

Bagi para peserta seperti Agung maupun Wishnu, selain mendapatkan tambahan ilmu dan kiat-kiat berbisniswaralaba dari para pakar, workshop juga menjadi kesempatan untuk sharing dengan rekan-rekannya yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan pertemuan dan sharing informasi, segala kemungkinan peluang bisnis dapat terbuka luas.

"Ajang seperti ini juga sebagai silaturahmi vans; sangat bermanfaat buk anhanyadalamdimensi bisnis, melainkan juga persahabatan," kara Kharisma-wan, peserta lain. Menurutnya, banyak hal yung mengesankan dalam program pelatihan.

Penghargaan WirausahaMu-da Mandiri merupakan wujud pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) Bank Mandiri di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. Program yang bertujuan memotivasi dan mengajak masyarakat Indonesia menjadi pencipta lapangan pekerjaan tersebut terbukti mampu menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang memiliki kontribusi jelas terhadap persoalan pengurangan pengangguran dan penurunan angka kemiskinan.

Harian Seputar Indonesia
ariskurniawan/info

Entri Populer