" Status YM ""
ukm indonesia sukses: 2014 Koperasi kelola pasar tradisional

2014 Koperasi kelola pasar tradisional

27 Pasar direvitalisasi tahun ini
JAKARTA Pemerintah menargetkan mulai 2014 pasar tradisional di seluruh daerah sudah dalam kondisi laik dan nyaman serta dikelola manajemen profesional oleh koperasi yang akan ditunjuk. Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan pada 2014 seluruh provinsi dan kabupaten/kota ditargetkan sudah memiliki pasar tradisional dengan kondisi yang laik dan nyaman sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, tidak lagi pasar tradisional dengan kon-disi kumuh.

"Peran dan kondisi pasar tradisional akan terus ditingkatkan pemerintah," katanya pada temu nasional pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI), Rabu. Menurut Menkop, sebagai pemberdaya pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil menengah (KUMKM), instansinya bertekad menyelesaikan permasalahan yang dihadapi pengelola pasar tradisional yakni kekumuhan serta penataan yang belum sinkron.

Pada tahun depan Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan pembangunan/revitalisasi sekitar 100 pasar tradisional di seluruh Indonesia. Untuk itu juga tengah diperjuangkan kenaikan pagu anggaran untuk menjalankan tugas tersebut.
Pagu anggaran KementerianlumDtr nf mfnxop ain UKM /Ulu Koperasi dan UKM untuk periode 2011 sekitar 833 miliar. Nilainya tengah diperjuangkan untuk naik oleh Badan Anggaran DPR menjadi sekitar Rpl,6 triliun seperti diajukan melalui rapat kerja pada medio September.

Dengan mengoptimalkan potensi pengelolaan berbasis koperasi, Sjarifuddin Hasan optimistis BISNISn. PURNAMAkehadiran pasar tradisional akan mendapat tempat di hati masyarakat yang belum memanfaatkan sarana itu sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari. 465 Kabupaten

Menkop menambahkan pem-bangunan/revitalisasi pasar tradisional akan dilaksanakan di 33provinsi di seluruh Indonesia serta di sekitar 465 kabupaten-kota. "Kami optimistis pada 2014, seluruh wilayah kabupaten/kota akan memiliki pasar tradisional bernuansa modern." Pada tahun ini Kementerian Koperasi dan UKM mengagendakan pembangunan/revitalisasi sekitar 27 pasar tradisional dengan anggaran berkisar Rp30 miliar. Biaya pembangunan itu direncanakan bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara-penambahan (APBN-P).

"Kita sedih ketika melihat kondisi pasar tradisonal masih ada yang kumuh. Program ini dilakukan pemerintah, untuk mema-nusiakan pasar tradisional dan pelakunya. Dengan perbaikan diharapkan konsumen bisa nyaman, dan pasar tradisional jadi an-dalan."

info pasar lukisan dan industri kreatif.http://artkreatif.net/

Entri Populer