07/23/2011
Strategi Menjalankan Bisnis Distro
Neraca. Dengan semakin banyaknya distro bermunculan saat ini, kita di buat bertanya-tanya akan potensi bisnis di bidang usaha ini. Sepintas terlihat usaha ini kelihatan menguntungkan dengan banyaknya pembeli terutama di akhir minggu. Namun satu hal yang tidak disadari adalah banyak persaingan di bisnis ini.
Untuk memenangkan persaingan di bisnis manapun, cara termudah adalah melakukan hal yang berbeda dengan pesaing. Bila pesaing Anda berlomba-lomba menurunkan harga, maka anda menaikkan harga setinggi mungkin. Sila pesaing berlomba-lomba menaikkan harga, maka Anda menurunkan harga serendah mungkin dan mengambil untung dari kuantitas.
Membangun brand image yang kuat juga adalah salah satu cara untuk memenangkan persaingan. Pada dasarnya Anda ingin berinovatif untuk membangun brand dan memposisikan diri sebagai authority di bisnis ini, dengan memiliki satu staff ahli yang menulis artikel tentang bisnis distro dan sebagainya. Persaingan bukanlah hal untuk dihindari bila tahu apa yang Anda lakukan.
Usaha distro termasuk uiwJiVcf ydiTU/ menguntungkan dan menjanjikan nilai tambah yang relatif besar. Namun demikian, agar usaha distro tetap bisa bertahan dan berkelanjutan, bahkan menjadi serius seperti halnya bisnis lainnya, ada beberapa hal yang di lakukan, yaitu sebagai berikut
Merancang bangun manajemen usaha yang baik. Jika ingin menjadi usaha dalam skala besar, maka tidaklah cukup mengandalkan manajemen dan pembukuan apa adanya atau sekadarnya saja, atau tidak cukup hanya sebatas pertemanan atau saling percaya. Adanya perubahan usaha dan tantangan usaha distro yang cepat membutuhkan perencanaan usaha yang mantap dan antisipatif terhadap perubahan pasar dan perkembangan waktu. Usaha distro membutuhkan perubahan pengelolaan yang cepat dan responsif sehingga perencanaan usahanya tidak hanya sebatas go with the flow, tetapi dengan berjalannya waktu strategi usahanya bisa berubah, sehingga sangatlah penting untuk membuat perencanaan bisnis yang solid dan kuat secara teliti untuk jangka panjang.
Usaha distro memerlukan kerangka pikir dan aksi tindak yang cepat professional dan berwawasan ke depan. Kejelian responsif, dan antisipatif terhadap perubahan selera pelanggan disertai cara berpikir yang cepat-sistematis dan bertindak secara professional, dibutuhkan untuk mementukan arah usaha distro yang dibangun dan akan dikembangkan.
Melakukan upaya promosi menggunakan media informasi yang tepat seperti spanduk, billboard, leaflet atau brosur. Media menyediakan dan menyajikan informasi produk dan layan distro. Informasi ini diharapkan dapat menyebar ke berbagai lokasi pelanggan termasuk di sekolah, kampus, atau tempat-tempat keramaian dan nongkrong anak muda.
Membuat rancangan display barang yang menarik dan tata ruang distro yang bergaya dan beraroma gaya hidup kawula muda. Selain itu, di lokasi distro dapat pula memutar lagu musik, kesenian agar menarik dan menyenangkan, serta member kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di distro tersebut
Usaha distro memerlukan kesungguhan, kegigihan dan kejelian dalam memanfaatkan peluang yang ada maupun mencari celah baru inovasi produk dan pemasarannya. Beberapa hambatan atau kendala nyata akan terjadi, di antaranya
Adanya kecenderungan menurunnya produksi dari jenis produk tertentu yang dihasilkan oleh clothing company (distributor), berakibat pada terhambatnya jumlah pasokan barang yang dibutuhkan, sementara pelanggan telah memiliki citra yang baik (fanatisme) terhadap produk yang dijual distro.
Semakin menjamurnya usaha distro sejenis pada lokasi yang hampir berdekatan menyebabkan ketatnya persaingan. Perlu kehati-hatian dan perhitungan yang matang dalam menyeleksi barang dari perusahaan pakaian/aksesoris yang kurang dikenal oleh para pelanggan. Karena keadaan ini akan menghambat perputaran uang dari usaha distro dan akan memperlambat lakunya suatu barang.Jangan membuat patokan harga yang terlampau mahal, karena akan melemahkan daya saing.Pengelolaan usaha distro yang tidak profesional akan menyebabkan kebangkrutan usaha, (rangga/dbs)
Sumber :Harian Ekonomi Neraca
Neraca. Dengan semakin banyaknya distro bermunculan saat ini, kita di buat bertanya-tanya akan potensi bisnis di bidang usaha ini. Sepintas terlihat usaha ini kelihatan menguntungkan dengan banyaknya pembeli terutama di akhir minggu. Namun satu hal yang tidak disadari adalah banyak persaingan di bisnis ini.
Untuk memenangkan persaingan di bisnis manapun, cara termudah adalah melakukan hal yang berbeda dengan pesaing. Bila pesaing Anda berlomba-lomba menurunkan harga, maka anda menaikkan harga setinggi mungkin. Sila pesaing berlomba-lomba menaikkan harga, maka Anda menurunkan harga serendah mungkin dan mengambil untung dari kuantitas.
Membangun brand image yang kuat juga adalah salah satu cara untuk memenangkan persaingan. Pada dasarnya Anda ingin berinovatif untuk membangun brand dan memposisikan diri sebagai authority di bisnis ini, dengan memiliki satu staff ahli yang menulis artikel tentang bisnis distro dan sebagainya. Persaingan bukanlah hal untuk dihindari bila tahu apa yang Anda lakukan.
Usaha distro termasuk uiwJiVcf ydiTU/ menguntungkan dan menjanjikan nilai tambah yang relatif besar. Namun demikian, agar usaha distro tetap bisa bertahan dan berkelanjutan, bahkan menjadi serius seperti halnya bisnis lainnya, ada beberapa hal yang di lakukan, yaitu sebagai berikut
Merancang bangun manajemen usaha yang baik. Jika ingin menjadi usaha dalam skala besar, maka tidaklah cukup mengandalkan manajemen dan pembukuan apa adanya atau sekadarnya saja, atau tidak cukup hanya sebatas pertemanan atau saling percaya. Adanya perubahan usaha dan tantangan usaha distro yang cepat membutuhkan perencanaan usaha yang mantap dan antisipatif terhadap perubahan pasar dan perkembangan waktu. Usaha distro membutuhkan perubahan pengelolaan yang cepat dan responsif sehingga perencanaan usahanya tidak hanya sebatas go with the flow, tetapi dengan berjalannya waktu strategi usahanya bisa berubah, sehingga sangatlah penting untuk membuat perencanaan bisnis yang solid dan kuat secara teliti untuk jangka panjang.
Usaha distro memerlukan kerangka pikir dan aksi tindak yang cepat professional dan berwawasan ke depan. Kejelian responsif, dan antisipatif terhadap perubahan selera pelanggan disertai cara berpikir yang cepat-sistematis dan bertindak secara professional, dibutuhkan untuk mementukan arah usaha distro yang dibangun dan akan dikembangkan.
Melakukan upaya promosi menggunakan media informasi yang tepat seperti spanduk, billboard, leaflet atau brosur. Media menyediakan dan menyajikan informasi produk dan layan distro. Informasi ini diharapkan dapat menyebar ke berbagai lokasi pelanggan termasuk di sekolah, kampus, atau tempat-tempat keramaian dan nongkrong anak muda.
Membuat rancangan display barang yang menarik dan tata ruang distro yang bergaya dan beraroma gaya hidup kawula muda. Selain itu, di lokasi distro dapat pula memutar lagu musik, kesenian agar menarik dan menyenangkan, serta member kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di distro tersebut
Usaha distro memerlukan kesungguhan, kegigihan dan kejelian dalam memanfaatkan peluang yang ada maupun mencari celah baru inovasi produk dan pemasarannya. Beberapa hambatan atau kendala nyata akan terjadi, di antaranya
Adanya kecenderungan menurunnya produksi dari jenis produk tertentu yang dihasilkan oleh clothing company (distributor), berakibat pada terhambatnya jumlah pasokan barang yang dibutuhkan, sementara pelanggan telah memiliki citra yang baik (fanatisme) terhadap produk yang dijual distro.
Semakin menjamurnya usaha distro sejenis pada lokasi yang hampir berdekatan menyebabkan ketatnya persaingan. Perlu kehati-hatian dan perhitungan yang matang dalam menyeleksi barang dari perusahaan pakaian/aksesoris yang kurang dikenal oleh para pelanggan. Karena keadaan ini akan menghambat perputaran uang dari usaha distro dan akan memperlambat lakunya suatu barang.Jangan membuat patokan harga yang terlampau mahal, karena akan melemahkan daya saing.Pengelolaan usaha distro yang tidak profesional akan menyebabkan kebangkrutan usaha, (rangga/dbs)
Sumber :Harian Ekonomi Neraca