" Status YM ""
ukm indonesia sukses: BISNIS THEME ITU MENJANJIKAN

BISNIS THEME ITU MENJANJIKAN


BISNIS THEME

Satu theme bisa dihargai US$ 40. Anda gemar menulis atau mencurahkan unek-unek di WordPress? Coba sekali-kali lihat theme yang Anda gunakan. Siapa tahu itu buatan anak riSgeri ini.Ya, membuat theme WordPress adalah bisnis menjanjikan. Contohnya, Dhimas Ronggobramantyo. Dari bisnis ini, ia bisa menghasilkan Rp 30 juta per bulan.

Padahal, awalnya, lajang kurus berusia 29 tahun yang gemar memakai kaus oblong dan celanajins ini hanya iseng.Dhimas kini menjadi salah satupembuat theme WordPress yang sukses. "Ah, masih banyak yang lebih tinggi," katanya merendah, saat ditemui di perhelatan Word-Camp 2011 di Bandung pekan lalu.

Dhimas berada di urutan ke-34 sebagai pembuat theme WordPress yang paling laris dibeli di Theme-forest, situs yang khusus menjual lcmpltite dan theme.Pria lulusan Teknik Informatika UniversitasDuta Wacana Yogyakarta ini mengaku membuat theme itu sebagai kegiatan sampingan.

Tapi lama-kelamaan justru kerjaan sampingan ini lebih menghasilkan uang ketimbang pekerjaan utamanya.
"Sekarang, ya, yang sampingan ini. Enggak stres, santai, tapi duitnya besar," ujar Director and Project Leader di CV Duwa Webmedia

Solution ini sambil terkekeh. Sulung dari dua bersaudara ini menjelaskan, awal mula berjualan theme, ia tak sengaja menemukan Themeforest milik Envato saat berselancar. Pada Mei 2009, ia iseng-iseng mengunggah beberapa kreasi pesanan klien yang batal dibeli ke situs Themeforest.

Tak disangka, temyata karyanya diterima dan diulas. Padahal saat itu ia baru membuat tlieme dengan HTML dan CSS.Dari hasil karya iseng pertamanya itu, Dhimas menerima USS 300 atau hampir Rp 3 juta. Lantas ia pun membuat tlieme lain dengan lebih serius.

Eksistensinya semakin diakui ketika ia bertemu dengan seseorang yang bisa membuat desain untuk WordPress. Ia pun belajar dan akhir-nya membuat theme sendiri.Pada 2009, rata-rata ia menghasilkan US$ 1.000 per bulan. Tahun lalu, "gajinya" bertambah menjadi tak kurang dari USS 2.000-3.000 per bulan.

Untuk bisa berjualan di Themeforest, kata Dhimas, dibutuhkan perjuangan. Sebab, kini standar yang ditetapkan cukup tinggi. Adapun untuk bisnis modelnya, ia harus berbagi hasil dengan Envato dengan persentase 5050 dari harga yang telah ditentukan.

Jika jumlah theme yang terjual semakin banyak, persentase pembagiannya akan semakin membesar untuknya.
Untuk theme HTML dihargai mulai USS 12,15, dan 20. Sedangkan untuk theme WordPress, harganya mulai USS 25, 30, 35, dan 40 per buah.Meski begitu, Dhimas mengaku . hanya pasrah saat | theme buatannya dicuri atau dibajak orang. "Sering juga. Tapi, ya, enggak bisa diapa-apain lagi."

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer