" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menyulap Saputangan Handuk

Menyulap Saputangan Handuk


>>>>Menyulap Saputangan Handuk

IDE memulai sebuah bisnis datang dari mana saja. Itu yang dirasakan Nana Ariana, pengusaha souvenir saputangan handuk. Bermula mencari aktivitas sampingan. Nana telah melakoni usaha ini dengan serius sejak tahun 2009.

TERNYATA banyak orang membutuhkan souvenir untuk berbagai acara seperti aklkahan atau ulang tahun. Terutama untuk resepsi pernikahan." ujar Nana Ariana. ketika ditemui Warta Kota belum lama Ini.

Kebutuhan souvenir sebagai buah tangan di sebuah acara membuat bisnis Nana menggeliat. Bermodalkan Rp 500.000, Nana membuat beberapa model souvenir dari saputangan handuk untukdipasang di uebsite-nya. Modal Itu untuk membeli saputangan handuk yang kualitasnya bagus, aksesori, plastik mika. pita, dan bahan untuk tasbih. Nana ndakhanya menjual souvenir dari saputangan handuk tetapi Juga tasbih. "Awalnya bisnis Ini dari tasbih dan kemudian saya Jual souvenir saputangan handuk." kata Nana.

! luk pembuatan website. Nana BSHfe. memilih yang gratisan to seperti blog. Pada da-;, sarnya Nana senang belajar hal-hal yang baru, maka Ia pun berselancar di dunia maya jf untuk mengetahui bagaimana membuat blog yang bagus dan akhirnya website www.tokosouvenirku.blogspoL com hadir dengan beberapa Jenis souvenir saputangan k handuk dan tasbih.

Ke Asemka

Mencari materlalnya. Nana tidak mengalami banyak kesulitan. Tinggal di kawasan Bendunganhlllr. memudahkan Nana ke Tanahabang mencari saputangan handuk. Tidak hanya berhenti di Tanahabang, Nana Juga mencari di beberapa lokasi grosir seperti Asem-ka. Jakarat Barat, dan Kampungmelayu, Jakarta Timur. Temyata dilihat dari harga hingga kualitas. Nana lebih cocok dengan suplier yang ditemukan di Asemka.

Kesulitan pertama datang dari kebutuhan mendapatkan plastik mika yang cocok untuk souvenlrnya. Ada ukuran dan Jenis yang cocok tetapi Ia harus membeli dalam Jumlah besar yakni minimal 500. Tentu di awal bisnisnya. Nana tidak berani mengambil dengan harga sebanyak Itu dan memilih mencari plastik mika di toko-toko kue. Ia Juga sempat menolak pesanan dengan kebutuhan plastik mika yang tidak Ia dapatkan di toko kelontong.

Kini, dengan pesanan yang terus datang dan model souvenir yang banyak digemari pelanggannya, Nana sudah mampu untuk membeli plastik mika dalam Jumlah besar. Itu pun masih untuk model tertentu. Jika model yang Jarang digemari tetapi ada peminatnya. Nana membeli plastik mika di toko kue.

Untuk hiasan lainnya, semua bisa ia dapatkan dengan mudah di Asemka dengan harga Jual yang murah. Nana menerapkan penjualan dalamjumlah besar, maka Ia bisa membeli material souvenir dalam Jumlah besar sekaligus.

Oleh karena Itu. Ia banyak menolak pesanan di bawah 30 karena kadangkala orang yang memesan minta bentuk dan warna yang tidak ada di dalam stoknya

"Kalau saya harus belanja hanya untuk satu pesanan yang biaya pengeluarannya besar, tentunya saya tolak." kata Nana.

Nana mematok pesanan mulai dart 50 sampai 250. kemudian 250-500, dan 500 ke atas. Selisih harga dikenakan Nana tidak terialu besar. Untuk acara kecil seperti ulang tahun, Nana memberi keringanan Jika ada yang memesan sebanyak 30 buah.

Untuk warna saputangan handuk. Nana tidak menyediakan semua warna. Menurutnya, ada saputangan handuk yang memiliki semua warna, tetapi kualitasnya tidak bagus sehingga ketika dibentuk tidak memperlihatkan bentuk aslinya.Untuk Jenis saputangan handuk tertentu. Nana hanya menyediakan warna-warna yang serasi dengan aslinya.

Nana Juga menggunakan saputangan handuk kualitas ekspor, yaitu Terry Palmer. Untuk handuk kualitas Ini. harganya Juga lebih mahal dan ukurannya lebih besar karena saputangan handuk Terry Palmer sangat tebal. .

Terus berkreasi

Tidak hanya membuat bentuk kue. Nana pun mulai meningkatkan kreativitasnya. Ia membuat es krim dalam berbagai bentuk mulai dari bentuk corn sampai yang menggunakan mangkuk. Terakhir, model terbaru yang Ia buat adalah bentuk binatang seperti kelinci dan anjing. Nana Juga membuat model teddy bear.

"Akhir-akhir Ini. model anjing yang aku sebut doggle dan kelinci lagi banyak pesanan. Kelinci karena tahun ini tahun kelinci dan sempat dapat banyak pesanan dari Medan belum lama Ini," kata Nana.Untuk Jenis beruang dan anjing, biasanya pesanan datang untuk acara ulang tahun. Sedangkan model kue yang saat tni lagi digemari adalah kue brownis dengan warna handuk cokelat muda dan tua. Model Ini banyak dipesan sebagai souvenir pesta pernikahan, (wik)

Sumber : Warta kota


Entri Populer