" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Usaha yang Libatkan Banyak Orang

Usaha yang Libatkan Banyak Orang


>>>>>>Usaha yang Libatkan Banyak Orang

PADA awalnya para pelanggan suvenir Idola Baru hanya datang dari Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Namun secara bertahap pelanggan bertambah dari kota-kota lain di Jawa dan Sumatera, dan sejak 2004 bahkan meluas ke kota-kota lainnya di pelbagai pulau.

Bertambahnya Jumlah pelanggan membuat Hendri dan Siti Suryani merasa perlu menambah tenaga kerja. Jikasemula usahanya itu hanya melibatkan beberapa pegawai toko, kini pegawainya sudah berjumlah 30 orang, terdiri atas 20 orang yang bekerja secara tetap dan 10 orang lainnya tenaga harian.

Di sisi hulu atau produksi, semula Idola Baru hanya didukung oleh dua-tiga tenaga kerja. Kini, jumlah tenaga kerja yang terlibat mencapai lebih dari 100 orang yang tersebar di Kecamatan Matraman. Jakarta Timur, hingga

Pondokgede, Kota Bekasi. Mereka yang terlibat dalam pembuatan suvenir ini kebanyakan ibu rumah tangga. Keluarga Hendri senang bahwa usahanya itu bisa melibatkan banyak orang di sekitar rumah produksi. Selain memberi kesempatan kerja, keluarga ini Juga dapat menularkan keterampilan.

"Kami senang bahwa usaha Ini bisa melibatkan banyak orang. Bagi Ibu rumah tangga yang cekatan. uang yangdiperolehnya Juga lumayan. Selain itu kami Juga senang karena produksi kami Juga terjaga." kata Hendri.

Idola Baru memberikan Imbalan sebesar Rp 15.000 untuk setiap pembuatan 1.000 unit suvenir. Untuk orang yang ingin bergabung. Idola Baru akan meminta untuk belajar lebih dulu kepada yang sudah bepengalaman.

Biasanya, orang yang baru bergabung Itu produktivitasnya sekitar 1.000-2.000unit per hari. Tapi semakin dia berpengalaman, produkstivttas dan kualitas hasilnya semakin baik. Untuk orang lama, ngerjain 1.000 unit bisa sambil merem." kata Siti.Selama Ini. Idola Baru Juga berusaha membangun hubungan yang baik dengan pekerjanya. Suami-istri Ini Juga berusaha mendorong para pegawai dan tenaga kerja lain yang terlibat untuk disiplin, gigih, dan Jujur. "Bagi kami mereka (pegawai dan tena-ga kerja di bagian produksi) adalah aset Kami percaya masing-masing mem bawa rezeki sendiri-sendiri." kata Sm.

Idola Baru menerapkan sistem kerja harian. Untuk pekerja yang sudah lama. Idola Baru Juga memberikan honor bulanan Rp 300.000 - Rp 500.000 di samping upah harian. Semakin senior, honor bulanan dan harian semakin tinggi. Sedangkan pekerja harian hanya mendapatkan upah harian, (wip)

Sumber : warta Kota

Entri Populer