" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Tingkatkan Kinerja Bisnis dengan BPM

Tingkatkan Kinerja Bisnis dengan BPM


>>>>Tingkatkan Kinerja Bisnis dengan BPM

Manfaat penting dengan memahami keseluruhan proses adalah mempermudah perbaikan

Business Process Mapping (BPM) atau Pemetaan Proses Bisnis merupakan rincian dari setiap langkah bisnis dari awal sampai akhir. Sejak diperkenalkan pada 1921, BPM telah berkembang menjadi sebuah fenomena yang bisa membantu setiap organisasi untuk mencapai tujuan bisnis seperti regulatory compliance (patuh terhadap peraturan yang berlaku), processre-engineering, simulasi dan analisis terhadap semua aktivitas bisnis.

Idealnya setiap proses dalam suatu organisasi harus dipetakan untuk memberi hasil yang lebih baik dan menjaga kebersamaan sebuah tim. Pada dasarnya ada tiga jenis proses bisnis yang harus dipetakan agar kita dapat memahami dengan jelas seluruh proses bisnis, yai-tu Management Process (proses yang mencakup sistem operasional seperti corporate governance dan strategic manageme"), Operational Process (proses yang berhubungan dengan core business seperti purchasing, manufacturing, marketing dan sales) dan Supporting Process (proses yang mendukung proses inti seperti akunting, rekrutmen pegawai dan teknologi informasi).

Mengapa BPM bagus unruk bisnis Anda? BPM memungkinkan semua bisnis bisa menempatkan komponen-kompo-nennya dan menyesuaikan aksinya untuk mencapai tujuan yang sama. Tidak peduli dari departemen mana, pemetaan dapat digunakan untuk diri sendiri maupun disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa departemen dalam sebuah organisasi secara aktif menggunakan BPM untuk mencapai tujuan bisnis mereka seperti menekan biaya dan risiko di bagian HRD, Finance, Legal, Sales Marketing, IT, Accounting, Customer Care, Manufacturing, Product Development, Jan Research. Setiap departemen dapat menggunakan piranti lunak BPM untuk memahami proses yang mereka jalani dengan jelas dan secara efektif berkomunikasi dengan para manajer dan tim mereka.

Kini kita bisa menyimpulkan, proses merupakan serangkaian kegiatan yang mengubah ma-sukan menjadi keluaran. Proses pengenalan dan penggambaran kegiatan-kegiatan pada suatu organisasi adalah Pemetaan Proses Bisnis (Business Process Mapping).

Namun proses-proses bisnis sering tidak tergambar dengan baik sehingga tidak semua anggota organisasi paham atas keseluruhan proses yang berlangsung. Padahal dengan memahami seluruh proses, anggota organisasi dapat meningkatan pemahaman akan proses, dan meningkatnya pemahaman akan proses akan meningkatkan rasa memiliki proses-proses tersebut.

Manfaat penting dengan memahami keseluruhan proses adalah mempermudah perbaikan (improvement) melalui process-based corrective and preventive actions. BPM dapat menjadi alat untuk merancang SDM, menyusun Standard Operating Procedure, menetapkan Job Descrip-tion, menambah atau mengurangi resources lain, dan merancang business plan.

TEMPO Komunitas akan menyelenggarakan pelatihan Business Process Mapping di Hotel Atlet Century Park Jakarta pada 14 April 2011 bersama Ady Subagya. Pelatihan ini akan memperleng-kapi peserta dengan keterampilan dan pemahaman akan proses, manfaat proses, process management, business process management (systems), memperbaiki proses dan me-rekasaya ulang proses yang tidak efektif.

Jika Anda tertarik, silakan hubungi Sutiyono di TEMPO Komunitas, Telp 021-536-0409 ext. 235, HP 0815-9797-365 Fax. 021-534-9569 email sutiyo-no@mail.rempo.co.id. Investasi sebesar Rp 1.500.000 untuk masing-masing training per peserta mencakup coffee break, lunch, modul materi sertifikat. (SP)

Sumber : Tempo


Entri Populer