" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausaha Mandiri Rangsang Mahasiswa Jadi Pebisnis

Wirausaha Mandiri Rangsang Mahasiswa Jadi Pebisnis

MINAT generasi muda untuk berwirausaha kian meningkat. Hal ini terlihat dari lonjakan peserta kompetisi Wirausaha Mandiri 2010 yang mencapai 3.395 mahasiswa. Jumlah tersebut melonjak dibandingkan tahun 2009 yang hanya sebanyak 1.706 peserta.

Direktur Finance Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury mengatakan, penghargaan pemenang kompetisi Wirausaha Man- diri-2010akan digelar pada 20 Januari 2011 pada ajang Expo Wirausaha Mandiri yang berlangsung pada 20-22 Januari 2011 di Jakarta Convention Centre.

"Penghargaan Wirausaha Mandiri ini terbuka bagi mahasiswa kategori diploma dan sarjana serta kategori pascasarjana dan alumni," terang Pahala di sela-sela acara media briefing di

Jakarta, Minggu (9 1).

Pihaknya akan melakukan penjurian tingkat nasional pada 18 Januari 2011 atau dua hari sebelum expo dimulai.

Total 3.395 peserta terbagi dalam tiga kategori yang dikom-petisikan, yaitu Bidang Industri Boga sekitar 500 peserta dan Bidang Industri Kreatif 1600 peserta, dan sisanya Bidang Industri dan jasa

Menurut Pahala, program Wirausaha. Mandiri. bertujuan mengubah pola pikir mahasiswa untuk mulai berwirausaha. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Kami yakin bahwa dengan meningkatnya angka kewirausahaan, maka tingkat kesejahteraan bagi lingkungan sekitar pun akan meningkat sehingga dapat mendo-rong roda perekonomian Indonesia. Sebab, wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru dan akan membantu menurunkan angka pengangguran," beber Pahala.

Program Wirausaha Mandiri merupakan bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri, sekaligus dukungan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan muda.

Pahala melanjutkan. Wirausaha Mandiri menjadi salah satu program utama dalam pelaksanaan CSR untuk mendorong pertumbuhan penciptaan lapangan kerja baru di Indonesia.

Sejak tahun 2009, program Wirausaha Mandiri dikembangkan untuk menciptakan wirausaha muda baru yang lebih banyak.

"Sebagai lembaga pembiayaan kami sadar membutuhkan wira-usaha. Saat ini kurang dari 0,2 persen masyarakat di Indonesia yang berwirausaha. Karena itu, kami ingin terus dorong pertumbuhan wirausaha. Kami yakin melalui program ini, 10 tahun mendatang pertumbuhan masyarakat yang menjadi wirausaha menjadi 2 persen," katanya.

Pahala menekankan, usai pemenang program Wirausaha Mandiri ditentukan, selanjutnya mereka akan menjalani sesi sharing dan pfdses coaching (pelatihan) selama enam bulan usai pengumuman pemenang.

"Setelah 6 bulan, kita adakan sesi coaching, di sana kita lihat perkembangan usaha dia. Kalau tidak berkembang dari segi omset atau aset berarti ada masalah dan kita akan, berikan pelatihan," jelasnya.

Pada Expo nanti Mandiri akanmengundang para pembicara muda yang dinilai telah sukses dalam berbisnis seperti Sandiaga Uno dan Oscar Lawalata. Pahala beralasan, pelaku wirausaha akan lebih terangsang apabila mendengar arahan dari pengusaha muda yang sukses.

"Selain pembicara muda, kita juga akan mengundang alumnus Wirausaha Mandiri seperti pengusaha Kebab Turki Babarafi, dia pemenang tahun 2007." katanya.

Hingga akhirNovember 2010, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp 697,64 miliar untuk program kemitraan. Sementara dana Bina Lingkungan yang telah disalurkan sebesar Rp 332,53 milliar untuk berbagai kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, sarana prasarana umum, sarana ibadah, dan bencana alam.

GALERY LUKISAN,PATUNG,FOSIL KAYU,UKIR-UKIRAN JAKARTA http://artkreatif.net/

Entri Populer