" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Peran Perguruan Tinggi Bagi Pembinaan UMKM

Peran Perguruan Tinggi Bagi Pembinaan UMKM

Sinergi akademisi dan pemerintah dalam pembinaan usaha mikro kec.il dan menengah (UMKM) belum menyentuh tataran realisasi konkret Padahal, kebijakan yang tepat dan optimalisasi peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya kualitas sumber daya manusia (SDM) dan penerapan teknologi tepat guna di kalangan pelaku UMKM.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan Drs. Nana Supriatna mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung seperti Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pasundan (Unpas), dan Universitas Kristen Maranatha (UKM). "Namun, secara teknis yang riil, masih belum jauh. Hal ini terkendala oleh minimnya anggaran yang ada untuk pembinaan SDM pelaku UMKM," katanya ketika ditemui di sela-sela seminar "Kesiapan UKM dalam Menghadapi ASEAN-Cina Free Trade Area (ACFTA) dan Free Trade Area Secara Umum" yang digelar Unpas di Hotel Grand Pasundan Kota Bandung, Rabu (19/5).

Menurut Nana, dengan semakin gencarnya produk asing masuk, terutama dari Cina,mau tidak mau pelaku UMKM di negara kita harus mampu bersaing dari segi kualitas. "Itu bisa dilakukan dengan peningkatan kualitas SDM dan penerapan teknologi," katanya. Sejauh ini, pemerintah memang terus memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Namun, dengan keterbatasan yang ada, peran akademisi sangatlah diperlukan.

Senada dengan Nana, Rektor Unpas Didi Turmudzi mengatakan, kerja sama antara akademisi dan pemerintah dalam pembinaan UMKM masih sebatas konsep di atas kertas. "Dalam praktiknya sulit dilaksanakan karena keberpihakan pemerintah masih kurang," ujarnya. Kurangnya kebijakan yang benar-benar berpihak optimalisasi pembinaan UMKM oleh akademisi, tambah Didi, terjadi mulai dari pemerintah pusat.

Didi menegaskan, perguruan tinggi sebenarnya siap untuk membantu pembinaan UMKM jika ada kebijakan yang mendukung. "Bagaimanapun juga perguruan tinggi berkepentingan dalam pelaksanaan salah satu Tridarmanya, Pengabdian kepada Masyarakat. Saat ini UMKM tidak berdaya dan perguruan tinggi tidak diberdayakan," tuturnya

Entri Populer