" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Kearifan Lokal Mulai Diangkat dalam Inovasi Produk

Kearifan Lokal Mulai Diangkat dalam Inovasi Produk


Kompetisi desain Djarum Black Innovation Awards 2012 kini telah memasuki tahap seleksi dari 150 menjadi 50. Yoris Sebastian, salah satu dewan juri dalam kompetisi ini, mengungkapkan bahwa karya-karya yang masuk tahun ini lebih baik dan lebih inovatif.  "Mulai banyak karya yang mengangkat kearifan lokal," 

Tahun lalu, produk hasil inovasi peserta BIA yang mengangkat lokalitas adalah Starpack, boks makan an yang mengadopsi konsep rantang. Joshua Simanjuntak, dewan juri lain dalam BIA 2012 mengatakan, salah satu produk yang sederhana tapi mampu mengangkat lokalitas adalah SlurpACup.  "Ini dari kebiasaan kita dulu kalau minum kopi panas, kopinya dituang dulu ke cawan baru diminum," terang Joshua.

Pada produk SlurpACup, tutup cup memiliki permukaan cekung yang sekaligus berfungsi sebagai cawan.
Yoris menyambut baik inovasi yang mengangkat kearifan lokal. Lokalitas pada sebuah produk akan mampu menjadi daya tarik produk itu.  "Bagus sekali mengangkat lokalitas. Mau di musik, mau di desain, kalau mau sukses, harus bisa mengangkat lokalitas itu," tutur Yoris.

http://ukmindonesiasukses.blogspot.com/2013/04/margahayuland-42-tahun-membangun.html

Sumber : Kompas.com

Entri Populer