" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menimang tawaran kemitran dari Gerai Ratih Sang

Menimang tawaran kemitran dari Gerai Ratih Sang

22/03/2012
Laba Membuka Gerai Busana Muslimah
Menimang tawaran kemitran dari Gerai Ratih Sang


MENGENAKAN busana muslim sudah sudah menjadi tren di kalangan perempuan Indonesia. Mulai dari kalangan re maja hingga ibu-ibu banyak mengenakan busana penutup aurat ini. Tren seperti itu tentu memicu penjualan busana muslim.

Makanya, banyak pebisnis buri-buru menangkap peluang besar ini. Salah satunya adalah Ratih Sanggarwati, mantan model yang kini menjadi desainer busana muslim, la juga memiliki butik yang dinamakan Gerai Ratih Sang yang berdiri sejak 2007 di Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Nah, sejak awal tahun ini. ia menawarkan kemitraan bagi calon investor yang tertarik memasarkan produk-produknya Saat ini, Gerai Sang Ratih sudah memiliki empat mitra di Kemang, Tangerang, Depok, dan Bandung.

Format kerjasama yang ditawarkan berupa perpaduan waralaba dan penjualan langsung nl i nri selling). Sang Ratili mematok paket investasi sebesar Rp 100 juta. Itu belum termasuk biaya sewa tepat. Dengan membayar sebe sar itu, mitra akan meivdapat pasokan produk busana, hei bal, dan kosmetik.

Direktur Operasional Gerai Sang Ratih, Andi Irwansyah mengatakan, pasokan barang tersebut senilai Rp 135 juta. Jika pasokan barang tersebut habis terjual, mitra dapat memesan kembali dengan potongan harga hingga 33%.

Selain pasokan barang, mitra juga akan mendapal fasilitas berupa promosi penjualan, pelatihan atau pendidikan busana, serta paket asuransi senilai Rp 1 juta dan Rp 2 juta Dalam kerjasama ini berlaku ketentuan dalam satu kota madya hanya ada satu mitra.

Gerai Ratih Sang mematok harga busana mulai Rp l.G.OOO-Rp 460.000. Sementara obat herbal dan kosmeiik mulai Rp 20.000-Rp 160.000. Memim! Andi, rata-rata mii-ra yang baru buka get.-dapatkan omzet Rp LMlOjuta per bulan. Ia menargetkan, di bulan ketiga atau keempat omzet mitra tembus Kp l miliar. Dengan omzet sebesar itu, mitra bisa balik modal pada bulan ketiga atau keempat.

"Laba kotor sebesar 10%, sementara laba bersihnya tinggal dikurangi sewa tempat dan pegawai," jelas Andi Selain paket Rp 100 juta Ditargetkanomzet mitra dibulan ketiga ataukeempat tembus Rp 1 miliar. Gerai Ratili Sang juga menawarkan paket sub-gerai senilai Rp 6 juta. Dalam paket ini. mitra akan mendapatkan produk senilai Rp 7,5 juta. Mitra juga mendapat potongan harga 28% untuk pembelian produk selanjutnya. "Kami juga membuka kesempatan kerja sama menjadi rcseUa Modal awalnya iukup Rp 100.000dapal kartu diskon pembelian 20%," tukasnya.

Anang Sukandar, Ketua i mum Asosiasi Franchise Indonesial AKI i bilang, prospek bisnis busana muslim di Indo-iii Ma masih menjanjikan. Namun, perlu ada keunggulan untuk menangkap peluang pasar tersebut Kelebihan itu bisa berupa keunikan, peni muan baru, dan kekhasan dari suatu produk dibandingkan busana muslim lainnya

Selain itu, menurutnya, ie rai Ratih Sang harus menunjukkan bahwa usahanya sudah berhasil. "Jika dalam lima tahun lieriurut-tumi dia untung terus baru bisa disebut layak waralaba," jelasnya Gerai Ratih Sang Jl. Radio Dalam Raya No. 47 D Jakarta Selatan Telp 021-7204620

Sumber: Harian Kontan
Eka Saputra, Noverius Laoli

Entri Populer