" Status YM ""
ukm indonesia sukses: UKM Diarahkan Ciptakan Kreasi dan inovasi

UKM Diarahkan Ciptakan Kreasi dan inovasi

8/12/2011
UKM Diarahkan Ciptakan Kreasi dan Inovasi


JAKARTA - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DKI Jakarta diminta meningkatkan budaya usaha dan kewirausahaan di kalangan angkatan kerja muda. Peningkatan itu dapat dilakukan melalui pelatihan, pembimbingan konsultasi dan penyuluhan, serta kemitraan usaha.

UKM perlu diberi kemudahan dalam formalisasi dan perizinan usaha, antara lain dengan mengembangkan pola pelayanan sam atap untuk memperlancar proses dan mengurangi biaya perizinan," kata anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Perdata Tambunan saat penyampaian informasi mengenai kiprah dan kinerja Dewan bertajuk "Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah" di Aula GOR, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (7/12).

Dia mengatakan salah satu daya tarik bagi para konsumen adalah apabila produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih dan terlihat lain daripada yang lain. Oleh karena itu, ia menyarankan agar pelatihan yang diberikan kepada UKM diarahkan untuk menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam pembuatan produk dan mekanisme pemasaran yang efektif.

Anggota Komisi B DPRD DKI lakarta Sandy menambahkan pemerintah perlu meningkatkan pelatihan bagi UKM, baik dalam aspek kewiraswastaan, manajemen, administrasi, pengetahuan, maupun keterampilannya dalam pengembangan usaha.

Sebelum menentukan strategi pemasaran, penting untuk mengetahui minat dan kebutuhan pasar yang ada di sekitar daerah tersebut. "Strategi ini harus dilatih pemerintah karena merupakan langkah awal bagi para pelaku UKM untuk memenangkan persaingan pasar," ujar dia. frn/P-2

Sumber: Koran Jakarta


Entri Populer