" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Mengintip Kisah Sukses Juragan Voucher Pulsa

Mengintip Kisah Sukses Juragan Voucher Pulsa


Semarak Liburan Tahun Baru Di Ancol Disini



23/12/2011
Mengintip Kisah Sukses Juragan Voucher Pulsa


Hengky Setiawan kini sudah mereguk manisnya perjuangan 20 tahun merintis bisnis di industri telekomunikasi. Berbagai penghargaan sudah ia raih. Namun Hengky tidak ingin berhenti sampai disini, masih banyak mimpi yang ingin ia capai di masa depan.

Dalam menja-lankaii bisnisnya, Komisaris Utama PT TV phone Mobile Indonesia ini memang tidak mau setengah-setengah. Keberanian, keyakinan, fokus dan inovasi adalah kunci keberhasilan yang selalu Hengky konsisten lakukan hingga sekarang.

Selama lebih dari dua dekade, Hengky membesarkan Tiphone Mobile Indonesia dan anak perusahaannya. Telesindo Shop yang merupakan anak usaha Tiphone Mobile Indonesia mendominasi revenue perusahaan sekitar 90%. Selebihnya berasal dari penjualan handphone merek Tiphone beserta perlengkapannya.

Kinerja Telesindo Shop bahkan tidak perlu diragukan lagi. Telesindo Shop adalah authorized dealer terkemuka yang menjual produk seluler seperti voucher dan kartu perdana. Jaringan Telesindo Shop pun sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai lebih dari 500 gerai.

Bila diibaratkan telepon selular adalah motor. Maka Telesindo yang menjual voucher pulsa adalah penjual bahan bakarnya. "Makanya banyak orang menyebut saya juragan pom bensin," ujarnya terbahak ketika ditemui di kantornya .yang terletak di bilangan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Berbagai penghargaan pun menghampiri Telesindo sebagai distributor resmi Telkom. Pada 30 November 2011lalu, Telesindo Shop meraih penghargaan bergengsi untuk kategori Revenue Penjualan Terbesar Nasional selama periode Juli 2010 - Juni 2011.

Penghargaan tersebut berarti Telesindo berhasil mengalah kan ratusan distributor Telkom Flexi lainnya dari segi pendapatan terbesar. Dirut PT Telkom Rinaldi Firmansyah menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Hengky Setiawan pada acara penganugrahan penghargaan di Sydney, Australia.

Sejak 2006 lalu, Telesindo Shop me-mang terus meningkatkan kinerjanya dalam distribusi telkom Flexi. Telkom sudah memberikan beberapa penghargaan kepada Telesindo Shop untuk kategori Performance KPI terbaik untuk kelas Platinum, Performance FKIOS (Pulsa Elektrik Flexi) terbaik, Performance Aktivasi Best of The Best AD Performance, KPI Kategori Istimewa, Recharge FKIOS terbaik 1, Sales Bundling Terbaik IIIdan penghasil NAL Terbaik 1 untuk semester 1 tahun 2010.

Menginjak tahun 2011, Telesindo kembali meraih penghargaan bergengsi dari Telkom Flexi untuk kategori The Best Territory Management, Best Recharge dan Best Key Performance Indicator (KPI). Tidak ketinggalan Telkom juga mengganjar Telesindo dengan penghargaan The Best Channel Award 2011 di bidang Dealer Flexy kelas Platinum dan bidang Flexy Center.

Namun kiprah Hengky tidak berhenti sampai di situ. Ia pun merambah bisnis penjualan telepon seluler dengan mengusung merek Tiphone. Pemasarannya pun memakai jaringan Telesindo yang kuat. Inilah yang menjadi keunggulan distribusi penjualan Tiphone di seluruh Indonesia.

Tiphone pula yang berhasil membuat masyarakat Indonesia semakin akrab dengan wajah Hengky Setiawan. Bagaimana tidak, untuk menghemat budget. Hengkypun terpaksa menjadi model dadakan untuk iklan Tiphone di media massa.

Berbagai strategi tersebut berhasil mendongkrak penjualan unit Tiphone. Terbukti sejak mulai dipasarkan tahun 2009 lalu, penjualan Tiphone berhasil menambah pundi-pundi pendapatan sebesar 10% untuk grup perusahaan miliknya.

Hengky pun memutuskan untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham ke publik untuk perusahaan miliknya PT Tiphone Mobile Indonesia."Tujuannyasaya memutuskan IPO bukan hanya dana, tapi juga branding dan inovasi ke depannya," ungkapnya.

Hengky mempunyai cita-cita agar Tiphone Mobile Indonesia dapat menjadi perusahaan ternama di Asia Tenggara. Untuk itu IPO ini merupakan giant leap untuk mewujudkan mimpi tersebut sambil terus melakukan inovasi baru.

Tiphone Mobile Indonesia memang berencana akan melakukan IPO dengan melepas sebanyak 2,67 miliar lembar atau setara 40,08 persen dari total modal ditempatkan dan di setor penuh. Dengan IPO tersebut, perusahaan menargetkan perolehan dana sekira Rp 700-900 miliar.

Pada awal tahun depan atau tepatnya 12 Januari 2012, Tiphone Mobile Indonesia diharapkan sudah melantai di bursa saham Indonesia. Sekitar 40% dari perolehan dana IPO akan digunakan untuk melunasi utang anak usahanya, PT Telesindo Shop kepada PT Bank DBS Indonesia

Selain itu, sebesar 28% untuk perluasan usaha perseroan dan anak perusahaan. Sisanya sebesar 32% digunakan untuk membiayai modal kerja perseroan dan anak usaha.

Tiphone Mobile Indonesia akan membangun Telesindo Shop menjadi dua kali lipat atau sekitar 1.000 gerai di akhir 2012. Sedangkan untuk reseller ditargetkan dapal tumbuh dari sekitar 170 ribu menjadi 300 ribu reseller. Dengan berbagai inovasi tersebut, Hengky pun optimistis kinerja finansial Tiphone Mobile Indonesia akan semakin meroket. Jumlah pendapatan ditargetkan menjadi sekitar Rp 8 triliun pada tahun 2012. Jumlah tersebut meningkat dibanding target pendapatan tahun ini yang sebesar Rp 6 triliun.

Sedangkan target laba bersih pada tahun depan akanmeningkat menjadi Rp 300 miliar atau meningkat 50% dari perolehan laba tahun 2011 yang sekitar Rp 200 miliar.Banyak orang yang memberikan acungan jempol terhadap kinerja Hengky Setiawan. Raja Voucher dan Raja Ritel sudah sepantasnya disematkan kepada pria kelahiran 7 Juli 1969 ini. Jejeran trophy dan penghargaan atas nama pribadi maupun kinerja perusahaan menghiasi ruangan kantornya Secara pribadi, Hengky sudah menerima berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Sebut saja penghargaan bergengsi Outstanding Enterpreneur-ship Award dari lembaga Asia Pasific Enterpreneurship Award (APEA), Marketer of The Year dari Mark Plus, finalis Enterpreneur of The Year 2011 dari Ernst Young serta Lifetime Achievement Indonesia Cellular Awards (1CA) 2011, dan banyak lainnya

Semangatnya dalam bekerja bahkan tercermin melalui nioiu hidupnya yaitu 3B. "Moto 3B itu adalah bekerja, bekerja, dan bekerja Tentu diiringi dengan empat pilar yang tadi yaitu keberanian, keyakinan, fokus dan inovasi. Keberhasilan akan datang seiring konsistensi kita dalam bekerja," ungkap Hengky berbagi tips keberhasilannya -*

Sumber : Harian Kontan

Entri Populer