" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Martabak Masih Potensial di Kota Besar

Martabak Masih Potensial di Kota Besar

10/12/2011
Martabak Masih Potensial di Kota Besar


BISNIS martabak masih potensial di kota-kota besar di Jawa Narnun karena persaingan penjualan martabak semakin ketat, diperlukan beberapa kiat khusus agar bisnis ini tetap mampu bertahan dan berkembang. "Khususnya di Jabodetabek, usaha martabak sangat potensial," ujar pengamat waralaba Erwin Halim.

Menurut Erwin, martabak sangat disukai oleh kalangan menengah masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya, pertumbuhan jumlah kelas menengah di kota-kota besar membuat potensi bisnis martabak menjadi semakin moncer.

Untuk menghadapi persaingan yang ketat, Erwin menyarankan agar pengusaha martabak memperhatikan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. SDM yang menjadi tulang punggung penjualan di lapangan harus kreatif, lincah, dan menarik. "Dengan pelayanan yang bagus maka pe-langgan akan tertarik untuk datang dan membeli," katanya.

Selain itu, penguatan merek juga penting. Penguatan merek bisa dilakukan dengan memperbanyak gerai penjualan. Menurut Erwin, untuk bisnis martabak, semakin banyak jumlah gerai kian menguntungkan. Sebab, hal itu akan meningkatkan kepercayaan bagi calon investor waralaba maupun kemitraan dan juga konsumen.

Tentu saja, penambahan gerai tetap harus memperhatikan lokasi untuk mengejar segmen pasar yang dituju Sebab, martabak merupakan makanan dengan karakter enak dikonsumsi selagi hangat. Karena itu penempatan gerai sebaiknya tidak jauh dari kawasan perumahan.

Inovasi rasa perlu dilakukan terutama untuk mengubah image martabak sebagai makanan malam hail. Perlu juga dicoba mengembangkan martabak untuk sarapan.

Sumber : Harian Kontan


Entri Populer