" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Laba Cokelat Semakin Terasa Manis di Ujung Tahun

Laba Cokelat Semakin Terasa Manis di Ujung Tahun

30/12/2011
Laba Cokelat Semakin Terasa Manis di Ujung Tahun



Hari Raya Natal dan Tahun Baru membawa keberuntungan bagi produsen cokelat. Selain melayani pesanan perorangan, produsen cokelat juga terima order dari perusahaan. Tak aneh, kalau sepanjang tahun ini, omzet mereka naik hingga 75%.

MOMEN Natal dan Tahun Baru membawa keberuntungan bagi produsen olahan cokelat Maklum, di saat Natal atau Tahun Baru biasanya cokelat menapakan suguhan favorit untuk sanak keluarga yang bertamu atau untuk isian parsel bagi kerabat.

Salah satu perusahaan yang meni touati kenaikan omzet selama Natal dan Tahun Baru itu adalah Dapur Cokelat Lihat saja. Dapur Cokelat berani menaikkan omzet hingga 40%, Tahun lalu hanya naik 20%," kata Hemas, Marketing Manager Dapur Cokelat. Namun Hemas enggan menyebutkan nilai kenaikkan omzet itu.

Dapur Cokelat saat ini memiliki tujuh cabang yang tersebar di Jabodetabek dan di Surabaya Mereka menawarkan aneka olahan cokelat, seperti cake, white truffle, dan almond roche. "Kami juga menjual cokelat dengan desain khusus," terang Hemas.

Tak hanya itu, Dapur Cokelat juga menyediakan 15 produk cemilan ringan dan juga kemasan parsel cokelat khusus untuk Natal dan Tahun Baru. Setiap menu itu dijual denganharga bervariasi, mulai Rp 25.000 sampai dengan Rp 1,25 juta.

Hemas bilang, untuk Nalal dan Tahun Baru kali ini, produk mereka yang terlaris adalah cake special dan parsel cokelat. "Untuk parsel cokelat sudah habis terjual," terang Hemas. Menurut Hemas, dalam melayani pelanggannya, mereka mengusung konsep layanan sepeiti di Untukmendongkrak omzet, produsen cokelat bikin paket cokelat khusus Natal.rumah pelanggan itu sendiri. "Hal ini membuat pelanggan betah dan setia belanja ke kami," katanya

Selain Dapur Cokelat, Truly Chocolate milik Dyana Arumdani juga menikmati omzet berlimpah selama perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini. "Omzet saya naik lebih 50%," terang Dyana Pesanan cokelat milik Dyana tidak hanya datang dari individu saja. Ia jugabanyak menerima pesanan dari perusahaan. "Kalau hari biasa pelanggan kam memesan untuk kebutuhan pernikahan," terangnya Di saay Natal dan Tahun Bar kali ini, Dyan mengaku sudah mengantongi omzet Rp 35 juta. Omzet tersebut tentu naik dibanding bulan-bulan biasa, yang cum. Rp 20 j uta per bulan.

Untuk mengenjot penjualan selama Nata dan Tahun Baru, Dyana membuat olahan cokelat khusus bertemakan Natal dan Tahun Baru. Walaupiu masih sebatas usaha rumahan, tapi cokelat bikinan Dyana banyak dipesan hingga ke daerah.

Selain Jabodetabek, Dyana juga melayani pesanan cokelat dari Sumatera Utara hingga Maluku. "Harga jual produk cokel saya mulai dari R] 5.000 hingga Rp 1 juta, tergantung ukuran dan tingk; kesulitan pembua annya," terangnya

Agar bisa melayani pesanar selama Natal dan Tahun Baru, Dyai pun perlu menam bah jumlah tenag; kerja. Jika hari biasa ia hanya mempekerjakan DokDopurCoWo. de|apan orangimenjelang akhir tahun ini i menambah tenaga kerja meruadi 15 orang.

Selain menyediakan rasj cokelat standar berbahan baku cokelat lokal dan impor, Dyana juga menyediakan cokelat kualitas premium yang bahari bakunya murni impor. Selain itu ia juga menyedia kan cokelat vegetarian. "Untuk cokelat vegetarian ini saya mengimpor dari India," ujar Dyana 


Sumber : Harian Kontan
Hafid Fuad


Entri Populer