" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sukses Berkat Kemauan Belajar

Sukses Berkat Kemauan Belajar

14/11/2011
Inspirasi Siangi Widjaja (2)
Sukses Berkat Kemauan Belajar



Usai meninggalkan profesi akuntan, Siangi Widjaja, fokus membangun bisnis salon mobil Car Care Center (C3). Dalam tempo satu tahun, Siangi sukses membuka gerai C3 di Bandung. Setelah gerai C3 Bandung itu genap berusia 2 tahun, Siangi menawarkan konsep waralaba. Hingga kini C3 sudah memiliki 27 terwaralaba yang tersebar di 16 kota.

UNTUK mencapai kesuksesan memang meinimmhkan kerja keras dan fokus. Itulah yang dilakukan Siangi Widjaja, Direktur Utama PT Chandrika Sentosa, dalam membangun bisnis salon dan perawatan mobil Car Care i entei (I

Sejak memutuskan berhenti menjadi akuntan pada tahun 2004, Siang! memilih fokus membangun bisnis salon mobil bersama empat karyawannya. Hanya dalam tempo satu tahun, Siangi sukses melakukan ekspansi dengan cara menambah gerai.

Tepatnya tahun 2005, dia mendirikan cabang salon mobil Ci di kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum iiiiinutuskan tambah gerai, Siangi terlebih dahulutikan adanya kenaikan jumlah pengunjung gerai ( ; yang ada di Kelapa iading,

Jakarta. "Dulu dapat sepuluh pelanggan saja sangat sulit," kenang Siangi. Setelah jumlah pelanggan salon mobil Ci di Jakarta naik, Siangi kemudian mencari ruang bisnis baru di Bandung. Setelah menemukan ruang bisnis yang serasa pas, barulah ia memutuskan membuka cabang perdana.

Siangi sengaja mencari gerai yang memiliki lahan luas untuk membuka layanan tambahan berupa servis mesin. Ia bilang, mengusung konsep one sto/i servi* i untuk layanan Ci di Bandung. "Waktu itu jarang sekali bengkel menyediakan layanan terpadu," terang Siangi.

Untuk layanan tambahan nu. dia harus menyuntik modal tambahan guna membeli peralatan servis. Investasi itu temyata tidak sia-sia, dalam tempo singkat usaha perawatan mobil C3 dj Bandung itu berkembang dengan pesat.

Siangi mengklaim, usaha perawatan mobil C3di Bandung itu mampu balik modal pada tahun kedua Karena itulah, Siangi bersama dua rekan bisnisnya memutuskan untuk menawarkan konsep waralaba kepada publik.
Keputusan uuwaralabakan usaha itu karena Siangi juga kesulitan imtuk melakukan ekspansi bisnis sendiri. Terutama dalam hal mempersiapkan lahan yang membutuhkan anggaran investasi yang tidak sedikit.

Tahun 2007, Siangi langsung mewujudkan rencananya itu Keputusan ftu mendapat respon baik dari para lnvestor. Sampai i.ihun 2011, Siangi berhasil menjaring 27 terwaralaba yang tersebar di 16 kota Namun untuk membangunbisnis waralaba itu temyatahil.iklal.....ulah. Siangi harusmenghadapi masalah baru, yaitu mei\jaga hubungan baik dengan para ferwaralabanya Saya mesti terbiasa untuk mengoreksi bisnis ini," terang Siangi.

Sebelum gerai bertambah banyak, tahun Lions Siangi sempat nieruual gerai (3 di Bandung kepada terwarala-banya. Keputusan itu ia lakukan untuk memberikan ayaan kepada calon terwaralaba dan juga untuk menambah biaya ekspansi.

Hasil penjualan gerai Bandung itu ia gunakan untuk menambah gerai di Jakarta. Saat itu Siangi sengaja mencari lokasi gerai dlpusal Iiimiis Jakarta, hingga ia jatuh hati padakawasan sentra bisnis Sudirman. "Sudirman adalah kawasan segitiga bisnis, dan di sana banyak- pemilik mobil yang merupakan potensi pasar besar bagi kami," tegasnya

Selain di Jakarta dan Bandung, saat ini gerai salon dan perawatan mobil C3 sudah berdiri di Bab, Pekanbaru, Surabaya, Banjarmasin, Solo, dan Yogyakarta. Untuk membesarkan usahanya, Siangi mengaku berpegang teguh pada falsafah, tetap belajar dan tidak pernah merasa pintar. Ia menyatakan, keinginan imtuk belajar merupakan kunci sukses untuk mencari setiap peluang bisnis yang baru.

Sumber :Harian Kontan
Dea Chadiza Syafina


Entri Populer