06/08/2011
Romatika Bisnis Siomay
NERACA. Bisnis Siomay memang merupakan investasi yang cukup menarik bila di lihat dari margin pasarnya. Dimana pun usaha yang dijalani pasti membutuhkan pasar, bila itu bagus dan sesuai dengan produk yang dijual, maka otomatis produk tersebut akan menjadi primadona. Pada bisnis siomay ini, tentunya harus dilihat dari segmen pasarnya dan umumnya para penjualsiomay selalu melihat pasar yang tepat untuk menawarkan produknya.
Memang bila di lihat sepintas pada segmen bawah penjualan siomay tidak ada yang mengembirakan. Coba saja perhatikan penjualan yang menggunakan gerobak dorong atau sepeda lalu ditawarkan keliling kampung atau kota marketnya haanya itu saja. Jadi keuntungan yang di dapat belum maksimal. Beda halnya dengan segmen atas yang spesifikasi tempat telah memenuhi kriteria market seperti di restauran dan mall atau kafe. Untuk itu, yang perlu kita perhatikan diantaranya
Strategi marketing. Hal ini sangat penting untuk menarik peminat dan pelanggan dan orang-orang yang akan menyenangi produk siomay.
Seperti membuat orang-orang penasaran dengan produk yang kita miliki sehingga mereka mencari tahu dan mengenal produk secara langsung. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang". Bila kita telah mengenal produk tersebut biasanya orang akan mudah mengingatnya.Kemudian Pengemasan. Maksudnya produk Siomay ini benar-benar meski ditampilkan semenarik mungkin sehingga orang yang melihat langsungmenyukainya.
Kualitas Produk/Menu. Peningkatan kualitas harus benar-benar terpenuhi dan disajikan secara higienis. Umumnya orang akan merasa aman bila mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat.Sistem keuangan. Ini sangat penting untuk me-manage keuangan secara terarah, sehingga bisa mengevaluasi segala kelemahan dan bisa ditingkatkan untuk kemajuan ke depan, (shiddig)
Sumber: Harian Neraca
NERACA. Bisnis Siomay memang merupakan investasi yang cukup menarik bila di lihat dari margin pasarnya. Dimana pun usaha yang dijalani pasti membutuhkan pasar, bila itu bagus dan sesuai dengan produk yang dijual, maka otomatis produk tersebut akan menjadi primadona. Pada bisnis siomay ini, tentunya harus dilihat dari segmen pasarnya dan umumnya para penjualsiomay selalu melihat pasar yang tepat untuk menawarkan produknya.
Memang bila di lihat sepintas pada segmen bawah penjualan siomay tidak ada yang mengembirakan. Coba saja perhatikan penjualan yang menggunakan gerobak dorong atau sepeda lalu ditawarkan keliling kampung atau kota marketnya haanya itu saja. Jadi keuntungan yang di dapat belum maksimal. Beda halnya dengan segmen atas yang spesifikasi tempat telah memenuhi kriteria market seperti di restauran dan mall atau kafe. Untuk itu, yang perlu kita perhatikan diantaranya
Strategi marketing. Hal ini sangat penting untuk menarik peminat dan pelanggan dan orang-orang yang akan menyenangi produk siomay.
Seperti membuat orang-orang penasaran dengan produk yang kita miliki sehingga mereka mencari tahu dan mengenal produk secara langsung. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang". Bila kita telah mengenal produk tersebut biasanya orang akan mudah mengingatnya.Kemudian Pengemasan. Maksudnya produk Siomay ini benar-benar meski ditampilkan semenarik mungkin sehingga orang yang melihat langsungmenyukainya.
Kualitas Produk/Menu. Peningkatan kualitas harus benar-benar terpenuhi dan disajikan secara higienis. Umumnya orang akan merasa aman bila mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat.Sistem keuangan. Ini sangat penting untuk me-manage keuangan secara terarah, sehingga bisa mengevaluasi segala kelemahan dan bisa ditingkatkan untuk kemajuan ke depan, (shiddig)
Sumber: Harian Neraca