" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sistem Transaksi Online untuk UKM

Sistem Transaksi Online untuk UKM


>>>>>Sistem Transaksi Online untuk UKM>>>> INI BARU SOLUSI JITU

Sistem transaksi online Paypal yang mendunia masih menyulitkan, pebisnis lokal. Kini ada IPaymu, sistem serupa yang lebih berpihak pada pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia.

PERNAH suatu kali. Maya Sasmita membuka enam rekening bank untuk kelancaran toko baju anak-anak yang ia kerjakan secara daring. Alasannya, agar calon konsumen lebih nyaman untuk transfer pembayaran. "Biasanya mereka lebih suka transfer antarbank yang sama/ jelas Maya, Kamis (24/3).

Namun akibatnya Maya jadi merasa tak praktis. Biaya administrasi tiap bank jadi ongkos yang sebetulnya tak perlu.Celah itulah yang dulu dilihat Elon Musk ketika bisnis online di Amerika Serikat mulai bertumbuh. Musk menciptakan Paypal, sistem transaksi online yang sangat populer sampai saat ini.

Paypal memungkinkan kita melakukan donasi untuk korban tsunami di Jepang, misalnya, tanpa harus dengan sistem transfer bank antarnegara yang memakan waktu dan sedikit merepotkan. Cukup klik ikon Paypal, donasi kita sudah terkirim.

Begitu juga jika kita ingin menerima pembayaran dari luar negeri. Ketika kita memberikan fitur layanan Paypal pada toko online, pelanggan dari 189 negara lain di dunia bisa membayar produk dan jasa kita dengan mudah.

Namun untuk mencairkan dana yang masuk ke rekening Paypal kita, ada ongkos yang harus dibayar. Besarnya beragam, tergantung dana yang ingin kita tarik, mulai dari 2,4% sampai 3,4% dari nilai dana tersebut, ditambah 30 sen.

Beberapa pemilik akun Paypal di Indonesia masih merasa kerepotan ketika mencairkan dana. Sebab tidak semua bank di Indonesia bisa digunakan.

Dalam kondisi tersebut, kemunculan sistem pembayaran lokal bisa jadi angin segar. IPaymu, misalnya. Meski buatan lokal, IPaymu bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari luar negeri. Jika dana perlu ditarik, mudah saja. Anda cukup datang ke ATM terdekat.

Lantaran itu, Riyeke Ustadiyanto, pemilik IPaymu menyebutkan sistem transaksi online ini sebagai langkah revolusioner di perbisnisan online indonesia.

Pelaku usaha kecil dan me-nengah yang tak akrab dan kesulitan menggunakan Paypal bisa memanfaatkan IPaymu untuk menerima pembayaran dari luar negeri, misalnya.

Mudah

Sejauh ini, IPaymu sudah menjangkau 83 bank nasional. Riyeke mengaku penggunanya masih terbatas. Namun, itu tak mengurangi optimismenya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.Cara memiliki akun Ipaymu juga mudah. Untuk mendaft-arkan diri di www.ipaymu.com tidak perlu membayar sepeser pun. Nah, ketika siap untuk bertransaksi, harus ada deposit minimal RplOO ribu.

Jika Anda menggunakan sebagai alat pembayaran, pastikan dana yang tersedia cukup untuk membayar produk atau jasa, dengan cara top up sesuai kebutuhan di ATM berlogo ATM Bersama. Juga bisa melalui sistem online bangking.

"Tujuannya memang mempermudah aktivitas pelaku usaha kecil dan menengah un-tuk memperluas pasar. IPaymu kan bisa memudahkan pembayaran," jelas Riyeke.

Pengiriman uang menggunakan IPaymu, maksimal Rp5 juta per transaksi, tapi dapat dilakukan berkali-kaJi. Seperti halnya Paypal, IPaymu juga menetapkan tarif penarikan dana, ya,itu Rp25 ribu per transaksi.

Dana minimal yang bisa ditarik adalah RplOO ribu dan maksimal Rp25 juta per transaksi.Sementara itu, untuk toko online yang menerima pembayaran, IPaymu menetapkan ongkos 1% nilai transaksi yang terjadi.

Kaspay Selain IPaymu, tersedia Kaspay yang dikembangkan Kaskus Online Community untuk Forum Jual Beli (FJB). Selama ini, FJB memang terkenal sebagai pasar online yang sibuk. Lantaran itu, Kaspay diharap mampu mengakomodasi kebutuhan pembayaran online yang serbamudah.

Untuk mendapatkan akun Kaspay, pengguna cukup mendaftarkan diri di www.kas-pay.com dengan memasukkan nomor rekening bank mereka. Setelah itu, pengguna bisa melakukan transfer ke rekening Kaspay, untuk mengisi saldo yang nantinya dipakai untuk transaksi.

Sejauh ini, Kaspay sudah dapat digunakan di sejumlah toko online, antara lain Camera.co.id dan Indo.co.id. Saldo Kaspay ditetapkan minimal Rp50ribu. Top up bisa dilakukan sampai maksimal Rp5 juta.

"Aku udah punya Kaspay. Tapi baru dipakai buat donasi ke Kaskus aja. Soalnya aku kan jualan di FJB-nya tuh. Kalau untuk pembayaran, biasanya pembeli produkku suka transfer antarbank atau tunai di tempat," kata Andinata, mahasiswa perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat, Rabu(23/3). (M-l) miweekend® medi3indonesia.com

Sumber : Media Indonesia
Sica Harum

Entri Populer