" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Kertas Koran

Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Kertas Koran


>>>Peluang Bisnis Kerajinan Tangan dari Kertas Koran

KORAN bekas di tangan orang kreatif bisa disulap menjadi kerajinan dengan harga jual tinggi. Seperti Yunnash. pria asal Yogyakarta yaig mengelola koran bekas menjadi produk yang bermanfaat

Awalnya di tahun 2009, Yunnash gemas melihat tumpukan koran bekas di rumahnya. Tap, lelaki itu tak ingin menjualnya ke tukang teak. Ia justru ingin memanfaatkannya. =We yang terlintas adalah membuai tas," ujarnya.

Ia lantas memutar otak, agar bisa menghasilkan tas berbahan koran bekas yang kuat dantahan air Lewat berbagai eksperimen, Yunnash akhirnya bisa mewujudkannya. Tidak hanya aneka model tas. ia juga mampu membuat sandal, kotak 6su, tempat pensil, yang bahan bakunya 100% dari kertas toran.

Kerajinan tangan tas koran yang kuat, tahan air, dan awet, sejatinya tak ribet. Pertama, memilih kertas toran bekas dengan kualitas baik, (ni bisa dilihat tinta yang tak mudah luntur di tangan. Yunnash memakai kertas koran berwarna untuk menghasilkan tas.

Tahap kedua, memotong-moong koranbekas itu. idealnya, selembar kertas koran dipotong maksimal menjadi enam. Ketiga, menggulung potongan kertas koran.

Proses selanjutnya, gulungan kertas dipi-pihkan, lalu dicat sesuai dengan keinginan. "Setelah itu, baru cbjahit atau dianyam mengikuti pola,- ujarnya.

Perajin kertas koran, Burhan Gatot, pemiliki Oipik Cr att, mampu memproduksi 30 jens suvenir dari limbah koran, antaa lain asbak, tempat tisu. Produk andaiannya, wayang, -proses pembuatan wayang lebih rumit ketimbangkertas karena membutuhkan keahlian kr.usus. Komposisi harus pas antara tangan, kak; dan badan; kata Burhan.

Hasil kerajinan limbah koran itu mampu meraup rupah. Yunnash sanggup menjual 100 unit las seharga Rp 45.00-fip 75.000 per unit ia Juga bisa menjual 300 sandal seharga Rp 20.000 per pasatg.Sedangkan wayang koran dijual mulai aan Rp 15.000-Rp 200 COO per unit. Ia tssa men; ja1 500-1.000 wayang per buton. Omzet bulanannya berxsar Rp 10 juta-20 juta. KonlanxoJdroi

Sumber: Bisnis Indonesia

Entri Populer