" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Meraih Laba dari bisnis Curug Gentong

Meraih Laba dari bisnis Curug Gentong



 >>>>>>>>Bisnis Kreatif

Kreativitas dan keuletan dalam berwirausaha membikin tebal kantong Reri Endriko (49), warga Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Riko, panggilan akrabnya, mampu mengubah gerabah dan keramik menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi.

Dia menjadikan gerabah berbentuk gentong menjadi hiasan yang di dalamnya ada air terjun buatan. Sesuai bentuknya, karya Riko itu dikenal dengan nama curug gentong."Harga curug gentong ini mulai Rp 200.000 sampai Rp 1,5 juta. Pembelinya merata dari Aceh sampai Papua. Sebagian pembeli berasal dari luar negeri," kata Riko saat ditemui di rumahnya, Jalan Sersan Aning, Kompleks Samudra Indonesia, Blok H 5 No 1, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/3/2011).

Kreativitas Riko berawal dari gerabah atau keramik berbentuk gentong. Dia kemudian melubangi sebagian sisi gentong. Dari lubang ini dia membuat beragam lanskap alam dilengkapi air terjun (curug).
Proses kreatif ini dilakukan menggunakan bahan semen, cat, rumput imitasi, selang plastik, dan lampu. Riko mengerjakan curug gentong di bengkel kerja yang juga terletak di rumahnya.

Usaha yang ditekuni sejak 2003 lalu itu terus berkembang. Riko bahkan kini melatih warga yang ingin mengembangkan curug gentong. Adapun pembelian curug gentong dapat dilakukan langsung atau lewat e-mail istrinya.

Konsumen pembeli curug gentong berasal dari kalangan rumah tangga, hotel, apartemen, dan perkantoran. Dia juga menerima pesanan lanskap di dalam curug gentong sesuai permintaan pembeli."Pembeli dari Amerika pernah datang meminta pemandangan air terjun di sana. Saya buatkan, dan dia memesan lagi," kata Riko.



Entri Populer