" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Jadi Wira Usahawan Siapa takut

Jadi Wira Usahawan Siapa takut

Denger kata wirausaha, apa sih yang ada di benak kamu? Jual beli, dapet untung, atau abang-abang yang jualan. Eits... jangan salah. Justru yang namanya wirausaha atau entrepreneur itu jauh lebih keren dari yang mungkin bisa kamu bayangkan.

Bener banget, membuka bisnis sendiri, apalagi yang dirintis dari hobi, Wta bisa menciptakan lapangan pekerjaan buat orang lain yang lagi nyari pekerjaan, entah dalam skala kecil atau bahkan dalam skala besar. Nggak perlu lagi Wta buat lamaran pekerjaan untuk mendapatkan posisi yang Wta ldamankan.

Dengan sedikit mengasah otak dan melihat peluang plus kerja keras, kamu bisa menjadi bos yang mempunyai banyak pekerja. Tertarik? Karena itu, guys, untuk meningkatkan Jiwa kewirausahaan di kalangan pelajar SMA, Universitas Sahid Jakarta mengadakan workshop kewirausahaan bertema "Mengembangkan Ide dan Kreativitas". Acara Ini khusus buat kalangan pelajar aja Iho...

Peserta workshop itu 32 orang, datang dari dua SMA. yaitu SMAN 37 Tebet Jakarta dan SMAN 60 Jakarta. Mereka mendapatkan pelatihan dasar tentang wirausaha, aplikasinya, hingga praktik kecil-kecilan. Peserta tidak dipungut biaya alias gratis, malah mendapatkan sertifikat.

Acara yang dimulai pukul 14.30 ini cukup mencuri perhatian siswa-siswa lho. Mereka yang tadinya nggak paham Jadi antusias ketika mendengar bagaimana menjadi wirausahawan muda. Antusiasme itu disertai canda tawa.

Nara sumber dalam acara itu adalah Agus Wustho dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM Bidang Pembiayaan dan Kebutuhan. Agus memberi banyak masukan, dari arti wirausaha, karakteristik utamanya seperti apa, syarat menjadi entrepreneur, kiat memulai usaha, hingga Jalan menuju penakluk pasar dunia.

Agus mengatakan, sebenarnya perlu waktu lama untuk menumbuhkan Jiwa wirausahawan. Yang terpenting, pola pikir harus diubah lebih dulu karena pandangan orang selama ini tentang kewirausahaan sangat sempit. DiWra itu hanya bisa dijalankan oleh orang-orang tertentu saja.

Agus Wustho memberikan praktik kecil-kecilan dan memberi sedikit gambaran tentang dunia wirausaha sebenarnya. Bagaimana membangun usaha restoran dengan konsep makanan Indonesia yang dipadukan dengan nama-nama asing? Ini gambaran yang banyak menarik perhatian. Nggak heran kalau peserta banyak yang tercengang.

Sebut saja ada "Restaurant Paris van Java" dengan menu andalannya seperti Ouclng Pete de Chine (Oseng Pete China), Sayour de Lourdes (Sayur Lodeh). Monioc de Mer (Singkong Rebus). Cafea ala Tobruq, Dtals Goring La Special. BBR KT Noir (Bubur Ketan Item).

"Materi yang tentang restoran Itu lucu banget. Idenya bisa aja. Jadi semangat nyiptaln yang kayak gitu Juga," ucap Dien Annur lagi. Ternyata buat Jadi wirausahawan yang andal modalnya nggak cuma kekayaan alam semata. Agus Wustho menyebutkan beberapa kiat untuk Jadi wirausaha sukses, yaitu sikap berani, kreatif, mampu berkomunikasi dan memikat bawahan, bersikap rasional dan berkemauan keras, dinamis, lincah, gesit, menghargai waktu, serta berbudi luhur, dan memillW visi yang Jelas.

Untuk Itu, tegas Agus, tidak ada kata "terlambat" buat Jadi wirausaha. Mau coba? Jadi bos muda mengasyikkan lho... Hehehe..

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer