" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Produk unggulan UKM daerah perlu dipetakan

Produk unggulan UKM daerah perlu dipetakan

Pemerintah perlu memetakan produk unggulan usaha kecil dan menengah (UKM) di setiap daerah agar rencana pengembangannya semakin jelas dan terarah yang bisa menjadi pedoman bagi pasar dan pengembangan industri pendukungnya.

Pakar UKM Fadjar Sofyar mengatakan agar pengembangan UKM bisa semakin fokus, seharusnya pemerintah memetakan produk unggulan UKM di setiap daerah. Hal itu berkaitan juga dengan kegiatan pembinaan dan pendampingan serta pengembangan infrastruktur pendukung menjadi semakin fokus.

Pemerintah dan pemerintah daerah harus secepatnya menginventarisasi produk unggulan UKM di setiap daerah yang ditetapkan sebagai prioritas pengembangan ke depan, sehingga kegiatan pembinaan dan pembiayaan juga bisa diarahkan pada sektor unggulan tersebut," ujarnya baru-baru ini.

Fadjar yang pernah menjabat Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir menyampaikan selama ini kegiatan pembinaan dan pendampingan dilakukan secara menyeluruh di semua UKM dan tidak ada pengelompokan produk unggulan yang ditetapkan di setiap daerahnya.

Padahal, jika pemerintah dapat memetakan produk unggulan produk UKM maka pengembangan UKM bisa lebih cepatbaik dari sisi manajemen usaha dan proses produksi sampai dengan permodalan dan pemasarannya.

"Jadi harus dilakukan inventarisasi produk UKM secara baik di setiap daerah dan dibuatkan prioritas pengembangannya, yang nantinya juga akan merangsang lahimya industri pendukung semakin memadai baik pemasok bahan baku sampai lembaga pembiayaan."

Dia menambahkan pengembangan UKM itu harus disusun dalam sebuah rencana utuh mulai dari tahap perintisan dan pembinaan, pengembangan usaha, sampai pada penyediaan infrastruktur pendukung seperti lembaga pembiayaan dan penjaminan kredit.

Selain itu, diperlukan juga pendalaman tentang skema pembiayaan yang paling tepat untuk setiap jenis usaha dan produk yang dikembangkan, karena model bisnis pada setiap segmen UKM itu berbeda-beda baik sektor agrobisnis, industri maupun yang lainnya.

Sementara itu. Kabid UKM Apindo Nina Tursinah menilai pemetaan produk unggulan UKM diperlukan terutama untuk meningkatkan kualitas produk UKM yang menjadi ciri khas di setiap daerah.

Untuk itu, pemerintah daerah harus bisa menyeleksi UKM yang memiliki produk unggulan khususnya serta memberikan pendampingannya mulai dari proses produksi sampai pengemasannya agar menjadi produk berdaya ekonomi.

Entri Populer