" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Tip Memilih Jenis Usaha

Tip Memilih Jenis Usaha

Tidak usah takut salah memilih jenis usaha. Karena pemilihan Jenis usaha yang tepat biasanya hanya sebagian kecil dari faktor kesuksesan usaha. Faktor yang lebih berperan adalah bagaimana Anda mengelola usaha tersebut.

Contohnya, sekarang ini banyak orang yang sudah enggan membuka usaha air minum isi ulang dan wartel karena Jumlahnya sudah sangat banyak. Tapi dengan pemilihan lokasi yang tepat dan manajemen yang baik, ternyata masih banyak tuh usaha air minum isi ulang dan wartel yang masih bertahan, bahkan makin maju.

Berikut ini beberapa kiat dari Ahmad Gozali, Ahli Perencana Keuangan, yang dapat Anda pertimbangkan untuk menentukan jenis usaha apa yang cocokuntuk memulai langkah berbisnis sendiri.

1.Mulai dari yang Anda sukai Anda bisa mulai mencoba membuka usaha yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda. Karena kalau sudah suka, Anda tidak akan cepat bosan dan mudah menyerah menjalankannya walaupun mungkin di masa-masa awal akan ada banyak tantangan.

2. Mulai dari yang Anda kuasai Atau bisa mencoba denganmembuka usaha yang memang sudah Anda kuasai bidangnya. Walaupun belum berpengalaman berwirausaha, tapi saya yakin Anda memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saja dengan keahlian Anda dalam pembukuan (akuntansi). Anda bisa mulai usaha Jasa pembuatan laporan keuangan untuk usaha kecil.

3. Telusuri ke mana uang Anda pergi

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menelusuri ke mana uang Anda pergi selama ini. Tujuan membuka usaha Ini adalah untuk menambah penghasilan bukan? maka Anda perlu melihat bagaimana caranya uang berputar. Berpindah tangan dari konsumen ke penjual, agen, produsen dan seterusnya. Coba lihat, bahwa Anda selama ini mengeluarkan uang untuk membeli buku, fotokopi, makan, kos. transport dan sebagainya. Teliti satu per satu arus uang yang sudah Anda keluarkan kepada sopir angkot, pengusaha makanan, toko buku dan sebagainya. Mungkin ada salah satu celah di mana Anda bisa menikmati keuntungan dari arus uang tadi.

Entri Populer