" Status YM ""
ukm indonesia sukses: lcip-icip Berbagai Macam Soto Masing-masing Punya Keunikan

lcip-icip Berbagai Macam Soto Masing-masing Punya Keunikan

SOTO bisa disebut makanan rakyat Indonesia. Di banyak penjuru negeri, bisa ditemukan berbagai macam soto sesuai dengan asalnya. Namanya berbeda-beda, tampilannya bermacam-macam, rasanya pun beragam.
Ada soto yang kuahnya bening, ada pula yang agak keruh. Ada yang menggunakan ml soun atau blhun, ada yang diisi kentang, ada yang dicampur taoge. Bahkan ada Juga soto yang hanya kuah saja dan kuah Itu diguyurkan ke iga bakar atau orang lebih mengenalnya dengan soto Iga bakar.

Toh, tetap ada kesamaan karena memang sama-sama soto. Mau soto padang, soto makassar, soto lamongan, soto madura, soto ambengan, atau soto kudus, ciri rasa bumbu yang kental tetap mirip. "Memang dari sekian cita rasa soto yang ada di Indonesia, rata-rata memiliki kemiripan rasa. Begitu pun dengan bumbu, yang utama sering digunakan adalah kunyit dan laos. Karena, secara umum soto yang bening maupun dengan kuah santan warnanya akan tetap kuning, meski ada yang kunlngnya kental ada yang biasa saja," kata Naniek, pedagang soto asal Solo, Jawa Tengah.

Banyaknya pilihan soto terlihat jelas di acara Festival Soto Nusantara yang diselenggarakan Warta Kota. Minggu (6/6), di pelataran Museum Fatahilah, Jakarta Barat. Setidaknya ada 25 macam soto dari berbagai daerah. Dalam festival Itu dapat dirasakan bagaimana detail keunikan rasa soto yang disajikan.

Sebagai makanan khas Nusantara, keanekaragaman soto yang dimilikisetiap daerah merupakan gambaran tentang kekayaan kuliner di negeri ini. Meski ada kemiripan rasa, namun daii segi lsi dan detail rasa yang terkecap di lidah, soto adalah masakan yang patut untuit dljelajahi kenikmatan rasanya.

"Meski ada yang sama daii bumbu dan rasa secara umum-, coba saja bagaimana lekat rasa dan pedas kuah cotto makassar, gurihnya soto madura dengan daging ayam kampungnya, kentalnya dan rasabumbu yang menyedak dari soto padang yang bercampur santan, semua itu cita rasa. Dan, bagi penyuka makanan khas nusantara tentu ini sebuah sensasi yang beda," ujar Rajat, pemilik kios soto Pekalongan.

Jika dilihat dari segi lsi soto, hasil racikan soto dari berbagai daerah memang memiliki kekhasan. Mulai dari sekadar "daging ayam-kampung - dan telur, ada juga soto yang diisi sumsum kaki sapi, ditambah susu, ada yang menggunakan iga, babat, paru, kiki!, sampai urat daging sapi. Keragaman soto makin kentara ketika melihat bagaiman

Entri Populer