" Status YM ""
ukm indonesia sukses

Pemuda Dilatih Wirausaha

Indramayu, Pelita
Pemuda masa kini, dinilai belumjuga mampu membaca peluang pasar. Oleh karena itu. Dinas Pemuda. OlaHraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Pora Budpar) Kabupaten Indramayu melaksanakan kegiatan pelatihan bagi pemuda di Aula Islamic Centre Jalan Soekarno Hatta Indramayu, Sabtu (5/12).

Menurut Kadis Pora Budpar Drs H Aprianto. tujuan dari pelatihan tersebut untuk memberikan pembekalan kepada pemuda supaya mereka memiliki keterampilan guna menghadapi masa depannya. Sebab kalau keterampilan sudah dimiliki, harapannya bisa membuka lapangan pekerjaan dan taraf hidupnya akan lebih baik.

Selaku generasi penerus bangsa, maka pemuda sejatinya jangan hanya berpangku tangan atau terobsesi untuk menjadi pegawai kantoran saja, tetapi sebaliknya pemuda harus mampu membaca peluang pasar yang ada di sekelilingnya." tegasnya.

Dikatakan, wilayah Indramayu merupakan pangsa pasar yang besar, gambaran itu akhirnya menjadi bidikan para pedagang dari luar daerah sebut saja, pedagang bakso, jamu seduh, ayam goreng Lamongan dan sebagainya marak di Kota Mangga dan hampir semuanya didominasi oleh pendatang. "Kalau pendatang mampu membaca peluang pangsa pasar yang ada di Indramayu, kenapa kita tidak." tandasnya.

Namun demikian sambung Aprianto, barangkall pada pangsa pasar tersebut dibutuhkan modal yang agak besar, maka pihaknya mendorong para pemuda agar mampu membidik pangsa pasar yang lainnya, tetapi modal yang dibutuhkan bisa dijangkau oleh pemula, sebut saja keterampilan sablon. Kenapa sablon kala Aprianto, karena selain modal yang dibutuhkan sedikit, juga pangsa pasarnya menjanjikan. "Semua kebutuhan yang kita pergunakan, mulai dari kertas, plastik, kaos, mug dan sebagaianya hampir semuanya tersentuh sablon." pungkas Aprianto.

Kabid Pora H.Warjan Suharja.SH menambahkan, peserta pelatihan berjumlah 125 orang, merupakan utusan dari KNPI. Karang Taruna dan organisasi kepemudaan (OKP) seperti AMPI. AMS dan sebagainya. (ck-103/I02)

Entri Populer