" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas

Pembangunan Infrastruktur Menjadi Prioritas

Kabupaten Grobogan adalah salah satu kabupalen di Provinsi Jawa Tengah yang beribu kota Purwodadi.
Kabupaten Grobogan memiliki luas 1.875,85 km persegi dan merupakan kabupaten terluas kedua di Jateng setelah Kabupaten Cilacap. Potensi daerah Kabupaten Grobogan mengandalkan pertanian yang merupakan mata pencarian dan penghasilan utama masyarakat. Selain pertanian adalah peternakan terutama sapi, wisata, dan investasi sejumlah pabrik.

Tahun 2010 ini Pemerintah Kabupaten Grobogan menitikberatkan prioritas di lima sektor, yakni sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan,pertanian, dan UMKM. Wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, berkesempatan mewawancarai Bupati Grobogan Bambang Pudjiono. Potensi apa yang diunggulkan Kabupaten Grobogan?

Daya saing sangat diperlukan karena jika ndak memiliki nilai unggulan dan daya saing akan ketinggalan. Akan terus dikembangkan sektor pertanian, seperti jagung, padi, kedelai, karang hijau, juga ada tanaman kapas, melon, semangka. Sektor pertanian ini menjadi unggulan, selain itu juga sektor pertanian terutama pengembangan sapi.
Berapa jumlah populasisapi hingga saat Ini ?

Populasi sapi di Grobogan sangat besar, untuk tahun ini saja populasi sapi telah mencapai 130 ribu lebih sehinggake depan perlu pengembangan. Di Kabupaten Grobogan, UMKM apa yang saat Ini menjadi unggulan ?
Ada makanan olahan, ada tempe kripik, sale pisang, ada kripik paru, sirup Kartika, kecap, mihun. Juga kerajinan, seperti kerajinan genteng di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, cukup bagus, dan potensi lainnya.
Pembangunan apa saja yang telah dilakukan?

Sejumlah pembangunan yang telah dilakukan seperti pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan embung-embung, irigasi, sumur resapan, sumur gali, sumurpantek, yang terus mengalami pertambahan. Saat ini juga telah dibangun pembangunan jalan beton karena jalan tersebut sangat vital dan merupakan jalur ekonomi. Peningkatan sarana transportasi juga kami utamakan. Kabarnya sejumlah investor telah masuk di Kabupaten Grobogan ?

Memang telah ada sejumlah investor yang telah masuk ke Grobogan seperti pabrik semen, pabrik jagung, dan pabrik lainnya. Khusus pabrik Semen Grobogan sudah melakukan kegiatan awal pada tahun 1996, sementara pabrik jagung penanganan pascapanen di Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari, ada juga pabrik genteng. N-l

Entri Populer