" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Memperpanjang lini produk

Memperpanjang lini produk

11/03/2012
Memperpanjang lini produk


Cara mengisilini produk akanmenjadi berlebihanbila hasilnyaadalah kanibalisasidan kebingungan pembeli. bisnis semakin tajam. mm Berbagai strategi diterapkan untuk memenangkan persaingan. Olob.ilis.isi pcrd.iR.ing.in (elah membual banyak perusahaan tidak memiliki kemampuan tawar-menawar di lingk.n dunia, sehingga hanya bcrkui.it pada lingkup nasional. Hal ini menempatkan perusahaan pada derajat risiko yang tinggi. Akibatnya, tak sedikit perusahaan yang harus gulung tikar, karena kalali bersaing.

Perusahaan yang hanya mempertahankan satu Imi produknya, tanpa ada upaya lain untuk mengembangkan sceara lebih baik, akan banyak mengalami hambatan. Terutama hambatan dalam bal mutu maupun harga. Sebagai solusi, altematif yang bisa diterima dan dirasa tepat adalah dengan memperpanjang Uni produk.

Pendekatan ini mempertimbangkan bahwa konsentrasi penjualan yang tinggi pada satu produk justru akan menjadi sebuah kelemahan. Setidaknya, ia akan memiliki derajat risiko yang tinggi, karena apabila tiba-tiba mata produknya menderita karena ulah pesaing, maka nilai penjualan dan keuntungan dari Uni produk tersebut akan jatuh dan hancur.

Upaya memperpanjang Inn produk akan memiliki peluang yang lebih baik, oleh karenanya harus dikembangkan. Dalam kondisi wajar di mana tingkat persaingan tidak hegitu ketat, memperpanjang Mui produk .ikan berdampak pada peningkaian penjualan dan keuntungan.

Ada beberapa .il.is.in bagi perusahaan untuk memperpanjang lini produk, terlama, meraih bagian pasar yang tinggi atau pertumbuhan pasar yang pesat. Pada hakikatnya panjang pendeknya suatu lini produk ditentukan oleh tujuan perusahaan.

Situasi pasar yang mudah berubah, mengharuskan pihak perusahaan memperpanjang lini produk. Sehingga dalam kondisi persaingan yang begitu ketat, di mana para pesaing mulai berubah untuk merebut bagian pasarnya, perusahaan (elah memiliki altematif apabila salah situ lininya direbut pesaing. Dalam bal ini pertimbangan risiko menjadi penting.

Kedua, ingin menempatkan diri sebagai perusahaan vans lengkap dan unggul. Asumsinya, kepuasaan konsumen harus terpenuhi demi menjaga lov.ilit.is yang tinggi terhadap produk. Sikap ini swara tidak langsung akan memberi pilai lebih Iwgi kepuasan konsumen. Oleh karena ini, perusahaan perlu menempatkan diri sebagai pasar yang lengkap dan unggul dibandingkan para pesaing. Di samping nu. posisi Imi produk .ikan semakin kii.it.

Kciifiit. untuk menjaga agar pesaing tak sampai memanfaatkan peluang yang kita miliki, perlu dilakukan antisipasi pasti

Ini penting supaya posisi lini produk tidak melemah.

Keemjxit, kelebihan kapasitas produksi atau memanfaatkan kapasitas yang belum terpakai. Perusahaan perlu meneliti terlebih dahuki apakah mala produknya akan memenuhi permintaan pasar, dan bukannya sekadar memuaskan keinginan perusahaan saja. Karena deng. penambahan produk berbagai biaya akan melonjak. Misalnya biaya desain dan perekayasaan. biaya persediaan, biaya mengubah-ubah proses, biaya transportasi, serta biaya promosi. Yang sering terjadi akibat berikutnya, adalah usaha menghentikan pengembangbiakan produk.

Lihat peluang

Sebelum perusahaan mengambil keputusan inul untuk memperpanjang lini produk sebaiknya terlebih dahulu memulai (lengan mengidentifikasi pasar. Melihat berbagai kemungkinan peluang, hambatan .ii.ui Miming risiko. Setelah itu. dilakukan penilaian secara cermat terhadap potensi yiing dimiliki perusahaan, dikaitkan de ngan berbagai kemungkinan peluang, lumli.ii.ni atau risiko yang timbul.

Bagaimana dampaknya terhadap perusahaan, sehingga pihak manajemen dapal memuluskan untuk memperpanjang atau tidak terhadap lini produknya sangat tergantung pada hasil dalam analisisnya. Apabila perusahaan memutuskan untuk memperpanjang lini produk, maka manajer perlu memilih peranti yang sesuai.

Ada beberapa piranti untuk memperpanjang lini produk. Pertama, menentang Hui produk ke bawah. Pi dunia Usaha, banyak perusahaan yang pada awalnya menempatkan diri pada sisi jauh di atas, dan kemudian merenlang lini produknya ke bawah.

Dalam hal mi perusahaan melihat gejala pertumbuhan makin melambat pada segmen alas. Akan tetapi harus diingat bahwa merenlang lini ke bawah mengandung derajat risiko tertentu. Mala produk untuk segmen atas dapal s.ij.i mengalami kanibalisasi oleh mala produk baru iiilink segmen bawah.

Kedua, merenlang lini produk ke Has. Perusahaan wing bergerak disegmen bawah dapat saja mempertimbangkan untuk memasuki segmen yang lebih linggi. Mereka mungkin terpikat oleh lingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, tingkat Keuntungan yang lebih besar .nau sekadar kesempatan untuk menempatkan diri sebagai produsen yang lengkap.

Stralegi merenla/ig ke atas dapal membawa risiko. Para pesaing di kelas atas tidak hanya merasa diserobot, tetapi balikan bisa membalas dengan memasuki kelas yang lebih rendah. Selain ilu, pelanggan potensial mungkin masih meragukan kemampuan pendatang baru dalam membuat produk bermutu. Begitu pula para tenaga penjual dan distributor mungkin kekurangan keterampilan dan keahlian dalam melayani segmen pasar yang lebih tinggi.

Ketiga, merenlang lini produk ke dua arah. Keuntungan untuk merentang lini If.ilnk kt1 dua arah bisa dilakukan oleh perusahaan vans berada id tengah-tengah skala mi.nu pasar. Vwalnya perusahaan memasuki segmen harga menengah dengan kualilas sedang. Kemudian secara bertahap memasuki segmen harga rendah dengan harga yang lebih rendah dari pesaing, tetapi dengan kualitas sama dengan pesaing. Berikutnya perusahaan memasuki segmen harga tinggi dengan kualitas linggi. Perusahaan merancang produk bermutu tinggi dengan harga yang lebih murah dari pesaing.

Keempat, mengisi lini produk. Suatu lini produk bisa juga diperpanjang dengan cara menambah mata produk \\m lebih banyak clan masih di dalam skala produk yang sekarang. Cara mengisi lini produk akan menjadi berlebihan bila hasilnya adalah kanibalisasi dan kebingungan pembeli. Dengan demikian perusahaan perlu membedakan setiap mata produk ke dalam ingatan para konsumennya. Dengan perkataan lain, si-ii.ip mata produk harus memiliki apa yang disebut perbedaan \.mik jelas terlihat.

Terlepas dari peranti apa yang hendak ilip.ik.ii. tetapi yang penting adajah apakah keputusan untuk memperpanjang lini produk tadi merupakan keputusan yang malang?

Sumber : Bisnis Indonesia


Entri Populer