" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Sedapnya Laba dari Menata Makanan

Sedapnya Laba dari Menata Makanan

13/02/2012
Sedapnya Laba dari Menata Makanan


Banyak perusahaan yang memanfaatkan, bisnis jasa food stylist semakin menjanjikan
Novenus. Eka Saputra, Fahriyadi Profesi menata makanan atau food stylist kini semakin dibutuhkan. Selain pengelola restoran, perusahaan makanan dan minuman juga banyak yang menggunakan jasa food stylist. Food stylist dibutuhkan untuk keperluan promosi dan iklan produk yang mereka hasilkan.

MENYANTAP makanan yang lezat dan sedap sudah pasti membuat lidah kita bergoyang. Terlebih bila makanan tersebut lu.u.i apik, rapi, dan resik, makinmenerbitkan nafsu dan selera makan.Bagi pengelola restoran, tentu wajib hukumnya menyajikan tampilan makanan yang menarik. Dengan begitu, bisa menambah selera para tamu dalam menikmati makanan yang disajikan.

Misalnya, telur disajikan berbentuk hati, puding berbentuk mawar, dan tumpeng yang ditaburi iris;m wortel berbentuk hati dan cabai berbentuk bunga mekar.Diperlukan keahlian khusus menata makanan menjadi menarik. Nah. untuk menghasilkan anek) bentuk makanan yang menarik, banyak pengelola restoran menggunakan jasa food stylisl.

Selain restoran, banyak perusahaan makanan memakai jasa stylist food untuk keperluan promosi dan iklan produk-produk yang mereka hasilkan. Tak heran, bila/ood sl yi ist kini menjadi bisnis kreatif.Food stylist adalah seni menghias makanan supaya tampak menarik atau secantik mungkin. Pristina C Gosana, pemilik Little Bento House mengatakan, bisnis menghias makanan saal ini sedang boom ing. Di bawah bendera usaha bernama Kyaraben dan Oikakiben, ia terjun ke bisnis food stylist sejak tahun 2010.

Dalam sebulan, omzet di dari bisnis ini bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta. Adapun laba bersih yang ia perolehsekitar 30%. Selain menerima order dari pengelola restoran dan perusahaan makanan, ia juga melayani katering makanan. Dalam sehari, ia menerima order katering minimal 20 boks dengan harga per boks Rp 35.000. "Biasanya pesanan itu untuk pesta utang tahun anak-anak," ujarnya.

Sudah tentu, i mier makanan itu didesain khusus untuk kebutuhan anak. "Misalnya bagaimana menghias makanan agar anak-anak yang tidak doyan makan sayur menjadi tertarik." ujarnya Selain harus terampilmendesain makanan, kesegaran makanan juga harus diperhatikan. Jangan sampai kesegaran makanan menurun lantaran terlalu lama mendesain. "Akhirnya tidak enak lagi untuk dimakan," ujarnya Saat ini konsumen Pristina berasal dari Jakarta dan sekitarnya

Sepi pesaing

Pemain lain food stylist adalah Popi Fitria dan Mulya Sari (pemilik Club Sandwich Food Creative). Popi mengatakan, bisnis ini masih tergolong baru dan persaingannya masih sedikit.Sama halnya Pristina, ia juga banyak mendapat order mendesain makanan dari pemilik restoran dan produsen makanan. "Pemilik restoran menginginkan agar makanan ditata sedemikian rupa sehingga tampak menarik," ujar Popi.

Memulai bisnis ini dua tahun lalu, ia mengaku terus mengalami kenaikan omzet Sayang ia tak mau menyebut t iin/.et yang didapatnya "Yang pasti, omzet saya sekitar 200% dari gaji saya saat masih meruadi karwa-yan," ujar mantan wartawan di salah satu majalah wanita.

Mulya Sari menambahkan, menjadi seorang/oot/ stylii perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang makanan. Sebab, urusan food stylist i n lak hanya sekedar menata makanan, tetapi juga menentukan kompoisisi maknaan yang disajikan. "Seorang/oorf stylist itii iliiuuiiii bisa memasak juga," ungkapnya

Hingga kini, sejumlah perusahaan kondang pernah menggunakan jasa Club Sandwich. Sebut saja Garuda Airlines, Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia, Teh Botol Sosro, J.Co, Yoghurt Danone, Ajinomoto, dan lainnya.

Sumber : Harian Kontan

Entri Populer