" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menakar prospek business opportunity ayam terkejut asal Bandung

Menakar prospek business opportunity ayam terkejut asal Bandung

15/12/2011
Rasa dan Ukuran Menjadi Andalan
Menakar prospek business opportunity ayam terkejut asal Bandung



JAKARTA. Banyak kisah sukses pengusaha kuliner yang mengolah ayam sebagai ba-han bakunya. Melihat pengalaman itu, Jaya Sugeng Prasetyo pun berani mendirikan gerai Ayam Terkejut sejak Maret 2011.Sebulan kemudian, ia menawarkan business opportunity (BO) Ayam Terkejut. Jaya yakin, meski gerai yang menawarkan sajian ayam sudah banyak, Ayam Terkejut mampu bersaing.

Pasalnya, menurut lelaki 30 tahun ini, Ayam Terkejut menawarkan rasa yang lezat. Selain itu, tiap potong sajian ayam memiliki ukuran yang lebih besar. "Bila di gerai lain, ukuran ayam seberat 4 ons hingga 5 ons, tiap potong ayam di sini memiliki berat hingga 7 ons," ujar Jaya. Selain kedua kelebihan, Jaya sengaja memberi nama gerainya, Ayam Terkejut untuk menarik minat pengunjung.

Gerai Ayam Terkejut menyajikan tiga menu ayam, yakni ayam goreng, ayam bakar dan ayam oven. Harga se-porsi ayam, yang terdiri dari lauk, nasi, dan lalapan berkisar Rp 12.000 hingga Rp 15.000.Kini, Jaya sudah memiliki tiga mitra Ayam Terkejut. Mereka ada di Jakarta, Tangerang, dan Padang. Sementara, Jaya sendiri baru membuka satu outlet di Bandung. Di gerainya itu, Jaya bisa mendulang omzet antara Rp 75 juta hingga Rp 100 juta per bulan.

Fokus pada kualitas Jaya menawarkan dua paket investasi paket booth se-nilai Rp 30 juta dan paket master agen sebesar Rp 100 juta. Nilai paket ini sudah termasuk peralatan dan tak ada royalti fee. Untuk mitra yang mengambil paket master agen, mereka memiliki hak untuk menjadi pemasok ayam bagi mitra booth yang berdomisili di wilayahnya. Selain itu, mkra master agen juga akan mendapatkan dua booth sekaligus untuk berjualan di dua lokasi

Franchisor wajibberi kejutandengan rasa lezatdan pelayanankelas satu.yang berbeda Jika mitra bisa mendapatkan lokasi yang strategis, Jaya yakin, mitra bisa menjual minimal 50 porsi per hari. Dengan asumsi itu, mitra bisa memperoleh omzet sekitar Rp 750.000 setiap hari.

Jaya pun memprediksi, mo1 dal mitra paket booth bisa kembali dalam waktu enam bulan. Sedangkan, mitra master agen bisa mengantongi lagi modalnya dalam waktu enam bulan, dengan perkiraan omzet Rp 1,5 juta per hari.

Kendati mitra masih sedikit. Jaya enggan menambah mitra tahun depan. Menurutnya, eksistensi dan kualitas jauh lebih penting ketimbang jorjoran berpromosi untuk mendapatkan mitra namun akhirnya banyak yang gagal. "Jika kualitas kami sudah dikenal baik oleh publik, maka mitra akan datang dengan sendirinya" imbuhnya

Amir Karamoy, Ketua Dewan pengarah Waralaba dan Lisence Indonesia (WALI) mengatakan, bussiness opportunity ini masih menarik. "Penggunaan Brand Terkejut bisa buat penasaran pelanggan. Tapi, franchisor wajib memberi kejutan pelanggan dengan rasa lezat dan pelayanan kelas satu," ujar Amir.

Meski persaingan bisnis franchise kuliner berbahan ayam makin ketat, masih ada celah bagi pemain baru, asalkan unik dan menarik. "Ayamadalah sajian yang akan selalu disantap masyarakat Indonesia, jadi tak perlu kuatir soal prospek usaha ini," lanjutnya Namun, ia mengingatkan, mitra mendapatkan pelatihan yang baik dan memilih lokasi yang sesuai. Ayam Terkejut

Jl. Propelat Raya No. 1 Margahayu, Bandung Telp (022) 7514424 HP. 081807414600

Sumber : Harian Kontan
Fahriyadl


Entri Populer