" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Rental Buku? Ini Dia Tipnya

Bisnis Rental Buku? Ini Dia Tipnya

4/12/2011
Bisnis Rental Buku? Ini Dia Tipnya

BUKU adalah pintu Jendela dunia, begitu kata pepatah. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin kenal kita akan berbagai hal di dunia ini. Bagi pencinta buku, tumpukan buku di kamar seringkali merepotkan karena jumlah buku akan terus bertambah.

Perlu tempat yang khusus yang bisa menjaga buku dari kerusakan apalagi Jika kelembaban kamar yang tidak balk bisa mempercepat kerusakan buku.Untuk buku-buku yang penting, sebaiknya disimpan di tempat yang benar sedangkan buku lainnya, bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan membuat bisnis rental buku. Untuk membangun rental buku perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis lancar dan buku tidak banyak yang hilang.

1.Pilihlah tempat yang strategis. Ini untuk membantu pemasaran usaha. Tetapi jika modal terbatas, bisa dlslasatlnya dengan berbagai cara, misalnya, menggunakan rumah agar dengan pelangga adalah orang-orang disekitar lingkungan rumah. Atau bisa menggunakan tempat orang lain dengan membagi hasil usahanya atau menyewa dengan harga lebih murah.

2.Tenaga kerja. Jika butuh pekerja, pikirkan upahnya dan berapa lama mereka menjaga tempat usaha. Untuk awal usaha, manfaatkan orang di sekitar atau orang terdekat.

3.Modal. Tidak perlu modal yang sangat besar. Bisa menslasatinya dengan cara menggunakan buku koleksi pribadi. Bell buku bekas yang masih bagus kemasannya atau meminta sumbangan pada teman-teman.

4.Urus Izin usahanya. Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. Sebaiknya memang mengurus badanhukumnya seperti akte notaris tetapi bisa dilakukan secara bertahap.

5.Administrasi dan pengendaliankeuangan. Buat sistem administrasi yang balk seperti catatan persediaan buku-buku, keluar masuk buku yang dipinjam, daftar anggota rental buku, transaksi keluar masuknya uang harian, dan laba rugi bulanan.

6. Rencana strategi pemasaran. Tetapkan harga yang kompetitif dan pasar yang disasar. Buat Juga kriteria yang Jelas untuk buku-buku yang disewakan, apakah hanya buku komik anak-anak, ataukah akan ditambah dengan buku fiksi anak dan buku fiksi dewasa. Setelah itu kembangkanlah sesuai dengan permintaan konsumen.

 Sumber :Warta Kota




Entri Populer