" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Butuh Konsistensi agar Terus Berkembang

Butuh Konsistensi agar Terus Berkembang

03/10/2011
Butuh Konsistensi agar Terus Berkembang



DALAM beberapa cililin terakhir, Industri game lokal di Indonesia tumbuh makin baik. Salah satu buktinya, game ponsel maupun game komputer bikinan anak negeri makin banyak bermunculan.

Tak hanya mengemas konsep-konsep permainan yang menarik, game buatan dalam negeri itu juga telah mengadopsi penggunaan Bahasa Indonesia Alhasil, para penikmat game di Tanah Air pun makin gampang memainkan beragam game di ponsel atau perangkat komputer mereka. Hal itu, tentu saja juga mendorong pertumbuhan gamers.

David Setiabudi, pemilik Divine Kids, mengatakan, pengembang game lokal kini mampu bersaing dengan produsen game asing. Dengan didukung oleh pasar yang besar, pembuat game lokal pun makin kreatif menciptakan game jenis baru.

Kondisi ini jelas berbeda dengan era akhir 1990-an dan awal 2000-an. Saat itu, penciptaiimiii di Indonesia masih sedikit. Pasar pun belum berkembang. "Saat Itu, banyak game yang muncul dari hasil proses editing game asing," tutur David.

Ia pun berpendapat, pengembang game harus terus konsisten terhadap usahanya. Pasalnya, konsistensi dan eksistensi inilah yang akan membual pengembang game berkembang dengan karya-karya yang mendapat pengakuan dari pasar. "Intinya jangan putus asa dan yakin bahwa industri game Indonesia akan makin berkembang meskipun belum sepesat Jepang. Korea Selatan atau Amerika Serikat," ungkapnya

Lebih jauh, David berharap kehadiran komunitas pengembang game akan membantu mereka mengasah ilmu atau sekadar menambah referensi soal perkembangan industri game dunia. "Forum ini cukup bermanfaat bagi para pembuat game untuk terus mengembangkan karyanya," ujarnya. 

Sumber : Harian Kontan






Entri Populer