" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Pelatihan dan Peluang Usaha dengan SKI

Pelatihan dan Peluang Usaha dengan SKI

03/03/2011
Pelatihan dan Peluang Usaha dengan SKI


SENTRA Kerajinan Indonesia (SKI), selain memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan bagi daerah vang menginginkan sumber daya manusia (SDM)-nya berkembang. Pendampingan Itu tidak hanya diberikan kepada masyarakat pengrajin melainkan juga dunia pendidikan, khususnya SMK.

Bahkan. SKI ingin mengajak pemerintah, termasuk Pemda dan dunia pendidikan untukmeningkatkan kreativitas pengrajin, karena Indoensia telah memiliki bahan berlimpah untuk diolah menjadi produk kerajinan berkualitas.
"Saya mendapat banyak Informasi, di Indonesia cukup banyak limbah yang terbuang percuma. Makanya, kami slap melakukan pelatihan agar limbah tersebut bisa berguna, walau itu daun dan dahan kering yang terjatuh dari pohon. kata JEW yang Juga sering mengadakan pelatihan hingga kabupaten Bantaeng. Sulawesi Selatan Ini.

Menurut dia. potensi sumber daya alam (SDA) dan SDM tak akan bisa bermanfaat, tanpa kerja kreatif emlelaul proses berlatih yang benar dan serius. Saat Ini. katanya, yang diperlukan Ialah aparat pemerintah yang punya visi ke depan karena kita memiliki SDA yang berlimpah. "Kalau kita serius menggarap semua sisi maka hasilnya akan luar biasa. Sebab dalam banyak hal sumber dan produk kita tak kalah dengan produk dunia. Sayang kita tidak memiliki SDM yang terampil." katanya.

Saat Ini pelatihan yang diberikan oleh SKI akan dlsesulkan dengan permintaan. Tang Jelas kami menyesuaikan diri dengan kebutuahn lokal di kabupaten. Kalau yang diperlukan Ialah sisi produksi kami akan membawa orang produksi, kalau yang dibutuhkan pasar kami akan membawa ahlinya." katanya. Peluang usaha

Selain sebagai wadah untuk memasarkan produk kerajinan. SKI Juga menbuka peluang usaha bagi masyarakat yang Ingin membangun usaha di bidang kerajinan. Saat Ini peluang yang diberikan adalah paket reseller dengan modal paling murah Rp 5 juta. SKI Juga tengah menyiapkan paket kemitraan untuk mengelola unit galeri.

Untuk paket Rp 5 Juta, mitra akan memperoleh sovcnlr mulai dari sovenlr pernikahan hingga sovenlr sebagai cindera mata untuk berbagai keperluan. Selain itu ada sejumlah produk kerajinan yang berkualitas. "Dengan modal tersebut, keuntungan yang diperoleh dalam satu bulan bisa mencapai Rp 2.500.000. Sebab kami berani memberikan harga dimana pembeli bisa mengambil keuntungan antara 50 sampai 100 persen dari harga pokok." kata JEW.

Untuk paket Rp lOJuta calon reseller akan memperoleh satuan produk dalam hitungan grosir. Semakin besar modalnya, kata JEW. pendapatan akan semakin tinggi karena harganya Jauh lebih kurah. Tapi bukan berarti yang modal Rp 5 juta bukan harga grosir, bahkan konsumen yang membeli satu produk pun kami hitung grosir." katanya.

Ke depan SKI Juga tengah menyiapkan kemitraan bagi masyarakat untuk menjadi pemilik unit show room. Untuk sementara ini dia tengah menyiapkan model blsnstnya terlebih dulu, sebab menurutnya unit show room adalahhal yang baru. Namun JEW sudah memperkirakan bahwa minimal calon mitra harus memiliki modal Investasi sekitar Rp 50 Juta. Modal Itu akan digunakan untuk sewa tempat dan pembelian barang. "Rencananya semua sudah all In. sudah termasuk listrik dan layanan Iain." ujarnya berpromosi.


Sumber: Warta kota
(willy pramudya)


Entri Populer