" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Omzet Ratusan Juta Meluncur dari Tempat Bermain Anak

Omzet Ratusan Juta Meluncur dari Tempat Bermain Anak

01/10/2011
Omzet Ratusan Juta Meluncur dari Tempat Bermain Anak


Dunia permainan anak-anak memang menjadi lahan usaha yang menguntungkan. Salah satu produk permainan anak yang laris manis adalah playsround. Berkat bisnis ini, produsen tempat permainan anak itu bisa mendulang omzet hingga ratusan juta per bulan.

DUNIA anak-anak adalah dunia bermain. Bermain jelas mampu memacu perkembangan motorik si anak. Selanjutnya, kreativitasnya dan kecerdasan si anak pun jadi semakin meningkat.Adalah Hadi Mandala, pemilik CV Adi Kreasi Utama, yang memanfaatkan peluang bisnis dari dunia bermain anak-anak itu. Ia sudah memproduksi tempat bermain anak (playgrruiinl i sejak 1999 lalu.

Produk bermain anak itu dipasarkan ke Taman Kanak-Kanak (TK), playgroup, pengembang properti, dan pengelola taman. "Pesanan juga datang dari pengelola tempat hiburan keluarga," kata Hadi Mandala, pemilik CV Adi Kreasi Utama.

Konsumen Hadi tidak hanya dari Jabodotabek, ia juga melayani permintaan tempat bermain anak dari Semarang, Pekanbaru, Palembang, Medan hingga Nangroe Aceh Darussalam.

Hadi sendiri sudah memproduksi beberapa jenis alat bermain outdoor seperti papan seluneur (perosotan). miniatur rumah, jungkat-jungkit, panjatan bajak laut, ayunan, dan aneka bentuk play ground lainnya.

Soal harga. Hadi menjualnya mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 80 juta, tergantungkil imi i dan kerumitan pesanan. "Bahan baku beragam. Ada yang dari fiber, plastik, besi, dan juga kayu," terang Hadi.Berkat bisnis itu, setiap bulan Hadi mendulang omzet hingga Rp 159 juta Omzet itu datang dari empat hingga enam pemesan per bulan. "Klien saya yang terbanyak masih dari pengelola pn-school" terang Hadi yang mengaku mengalami kenaikan omzet rata-rata 10% per tahun.

Agar tetap laris, Hadi dibantu 10 pekerja rajin melakukan inovasi produk. Ia selalu meluncurkan produk anyar agar pelanggan tetap pesan. Salah satu produk terbarunya adalah mini waterboom Produk ini baru dan baru ada satu pesanan," terang Hadi.

Tempat bermain berupa waterboom temyata memang sedang naik daun. Peminatnya datang dari berbagai kota di Indonesia. "Kami sudah produksi waterboom sejak 2000," kata Dwi Pratiwi, Manager Marketing CV Keep Smile Playground, yang juga memproduksi tempat bermain anak di Ciputat, Tangerang Selatan.

Dwi bilang, pesanan waterboom datang dari pengelola tempat bermain anak dan tempat hiburan keluarga, seperti kolam renang. "Sampai sekarang prospeknya masih bagus," kata Dwi.I umk satu sd waterboom itu, Dwi membanderolnya seharga Rp 260 juta. Untuk melayani satu pesanan waterboom, Dwi butuh waktu pengerjaan selama enam bulan. "Pengerjaanya rumit," kata Dwi yang enggan menyebut nilai omzet itu.

Menurut Dwi, satu paket iniiriboom itu sudah termasuk body slide, baby slide, ember tumpah, hingga a air, treatment. "Selain paket waterboom kamijuga menyediakan tempat bermain anak lainnya," jelas Dewi.

Selain menyediakan tempat hermain outdoor, Dewi juga menerima pesanan tempat bermain indoor seperti arena mandi bola. Untuk arena permainan ini Dwi menjual mulai harga Rp 2 juta sampai Rp 200 juta per unit, tertf.ut-tung produk dan kerumitan produknya "Produk kami unggul karena bisa bongkar pasang," klaim Dwi. 

Sumber : Harian Kontan
Ragil Nugroho


Entri Populer