" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Anggrek Tangsel Tembus Malaysia

Anggrek Tangsel Tembus Malaysia


>>>> Anggrek Tangsel Tembus Malaysia


Bunga anggrek hasil penangkaran petani di Kota Tangerang Selatan. Provinsi Banten, penjualannya menembus pasar Singapura dan Malaysia. Nlrman Syarif (45). petani bunga di Kota Tangerang Selatan. Jumat, menjelaskan sering mendapat pesanan anggrek dari pembeli di Singapura dan Malaysia.

"Saya sering menerima pesanan dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura, selain dari Jakarta," kata Nlrman Syarif ditemui dlkediamannya di Kampung Parakan, Kelurahan Pondok Benda. Kecamatan Pamulang.

Salah satu Jenis anggrek andalannya adalah Vanda Douglas. Bunga Ini termasuk Jenis anggrek tanah, warna lembayungnya yang lembut membuat nyaman mata yang memandangnya. Anggrek Ini berdaun silinder dan dihiasi bunga pink kemerahan di blblmya.

Dia menjelaskan, keuntungan yang diperoleh dari membudidayakan bunga ini sekitar Rp2.5 Juta-Rp4 Juta per pekan, atau rata-rata Rp 12 Juta per bulan. Keuntungan tersebut, kata dia. diluar saat ada perayaan hari besar, seperti seperti natal, valentine. Imlek, wisuda universitas, dan tahun baru, perolehan yang didapat pun lebih besar."Kalau keuntungan rata-rata per bulan mencapai Rp 12 Juta, tapi Jika ada acara tertentu seperti natal dan tahun baru bisa lebih besar lagi," kata Nlrman.

Dikatakan Nlrman. anggrek vanda douglas yang dikembangkannya sudah dikenal luas, terutama di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta. Dalam menjalankan bisnis budidaya anggrek Ini, Nlrman tidak pernah bosan untuk belajar, dan rutin menghadiri undangan seminar dan pelatihan budidaya anggrek, baik di Tanggerang. Bogor, Jakarta hingga Cianjur. Jawa Barat.

Nlrman, mengibaratkan anggrek sebagai tanaman manja, sehingga secara Intensif merawat dan memperhatikan anggrek-anggreknya, terutama enam bulan pertama di awal penanaman. "Setiap harinya mulai pukul 06.00 WIB. saya sudah mulai keliling kebun untuk melakukan penyiraman terhadap anggrek." katanya. (Ant/wit)

Sumber : Warta Kota

Entri Populer