" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Legit Laba Martabak Tanpa Pengawet

Legit Laba Martabak Tanpa Pengawet


>>>>Legit Laba Martabak Tanpa Pengawet

Membedah tawaran waralaba dari Martabak Spektakuler, Bandung

SIAPA tak kenal martabak? Kudapan ini sudah menjadi I.ili satu makanan favorit di Indonesia Para penjual martabak pun banyak yang telah memasuki belasan tahun berbisnis kuliner ini. John Dean, pemilik Martabak Spektakuler di Bandung, misalnya. Memiliki latar belakang pendidikan tata boga. John membuat martabak yang berkualitas sesuai selera konsumen. "Rata-rata masyarakat lebih suka martabak dengan tekstur lembut, rasa sangat kilas, empuk, dan tidak meninggalkan rasa enek dalam mulut," terang John.

Memulai usaha Martabak Spektakuler sejak tahun 1996, John terus melakukan inovasi. Meski berkreasi, dia terus mempertahankan kualitas inartabaknya yang telah tersohor sebagai camilan yang lem-bul dan enak, tapi tidak lembek. Satu lagi keunggulannya, "Kami tak pernah menggunakan balian pelembut makanan, ragi, pewarna rriakanan, apalagi bahan pengawet," tu-iur pria berusia 46 tahun ini. Martabak Spektakuler punya banyak penggemar lantaran bisa menyesuaikan permintaan konsumen. Contohnya, ada pelanggan yang menginginkan martabak yang tebal namun kurang manis.

Saat ini, tutur John, Martabak Spektakuler memiliki tiga varian rasa, seperti martabak ckslrapandan dengan warna hyau dan coklat, serta martabak original rasa keju.


Empat paket Meski telah lama bergelut dalam kuliner martabak, John baru menawarkan waralaba pada September 2009. John mengatakan, dia menawarkan kemitraan tidak semata karena banyaknya usaha martabak lapi lantaran permintaan dari pelanggannya yang tinggal di Jakarta

John menawarkan empat paket waralaba, yaitu Paket Manis Lengkap dengan nilai investasi Rp 30 juta, Paket Asin Rp 25 juta. Paket Manis ilan Asin Lengkap Rp 45 juta,serta Paket Manis dan Asin Komplit Rp 75 juta Terwaralaba yang mengambil paket keempat bisa menjadi master franchise.

Di keempat paket tersebut, terwaralaba akan mendapatkan peralatan lengkap untuk jualan. Uniknya, kata John, dia membuat sendiri perlengkapan Martabak Spektakuler. Sehingga, perlengkapan seperti loyang dan kompor tak mudah ditemukan di pasar. "Alat yang bagus mendukung terbuatnya makanan yang bagus pula," ujar John.

Sekarang, John memiliki 10 terwaralaba yang tersebar di Jakarta, Bandung, dan Balikpapan. Mitra Martabak Spektakuler banyak yang memilih Paket Manis Lengkap yang John sebut sebagai Paket Premi, serta Paket Manis dan Asin Komplit. "Selain alasan margin yang lebih besar, juga karena menyesuaikan dengan kondisi daerah jualan para mitra," jelas John.

Dia berasumsi, jika dalam satu hari terwaralaba mampu menjual 50 loyang martabak dengan harga Rp 25.000 per loyang, omzetnya bisa mencapai Rp 37,5 juta sebulan. John mengenakan biaya waralaba Rp 1 juta per tahun.

Burhanudin, terwaralaba Martabak Spektakuler di Jatinangor, Bandung yang bergabung Mei 2011, optimistis dengan penjualan martabaknya "Setiap hari bisa terjual hingga 30 loyang. Ini menunjukkan bisnis martabak cukup prospektif," katanya. Pria yang masih berstatus mahasiswa ini menilai, salah satu keunggulan dari Martabak Spektakuler adalah kualitas tepung-nya yang membuat rasa legit di martabak terasa

Martabak Spektakuler Jl. Raya......mik No. 2
Cileunyi, Bandung 085697775859

Sumber : Harian Kontan
Mona Tobing


Entri Populer