" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Panen Jamur Maksimal Setelah 40 Hari Ditanam

Panen Jamur Maksimal Setelah 40 Hari Ditanam

>>>>Panen Jamur


Sebagai tanaman tropis, jamur merang membutuhkan kelembapan dan suhu tinggi. Meski begitu, bukan berarti jamur merang sulit dibudidayakan. Iklim kita sangat mendukung pertumbuhan jamur yang bisa dipanen sebulan sekali ini.

MEMBUDIDAYAKAN jamur merang bukan perkara yang sulit. Media tanam untuk hidup jamur berprotein tinggi ini juga banyak dan mudah didapat. Contoh, jerami, kardus, kapas, dan serbuk gergaji kayu. Sebagai tanaman tropis, jamur merang tumbuh baik di suhu dan kelembapan tinggi antara 30-38 derajat Celcius. Kelembaban yang diperlukan berkisar antara 80% sampai 85%, serta kadar keasaman atau pH media tumbuh antara pH 5,0 sampai dengan pH 8,0.


Edo Alvian kailani, pembudidaya jamur merang di Subang, Jawa Barat memilih jerami sebagai media tanam. Menurutnya, selain mudah didapat, jerami juga bagus sebagai media tanam jamur merang. Buktinya, dalam setahun, ia bisa memanen jamur merangnya sembilan kali. "Bisa 2,5 kuintal per kumbung atau rumah jamur," ungkapnya.

Jerami juga dipilih Ahmad Isbandi, pembudidaya jamur merang di Bandarlampung dengan bendera Sejahtera Mandiri.Sebelum mulai bertanam jamur merang, buat dulu kumbung. Rumah jamur terbuat dari bahan plastik untuk menahan terik matahari dan menjaga kelembaban. Di dalam kumbung, perlu ada rak untuk meletakkan bibit jamur merang. "Biaya pembuatan kumbung bervariasi tergantung lahan, rata-rata Rp 7 juta sampai
Rp 8 juta," kata Ahmad.

Setelah kumbung selesai, tahap selanjutnya adalah, pembuatan media tanam jamur merang. Jerami untuk media tanam harus dikomposkan terlebih dahulu sebelum dipakai. Sebab, jamur merang memiliki sifat sapwfit alias tidak bisa membuat makanan sendiri. Perlu waktu sekitar empat hari untuk menjadikan jerami menjadi kompos.

Agar jamur merang bisa tumbuh maksimal di kompos jerami, butuh asupan kapur dolomil. Kapur ini berguna untuk menjaga keasaman. Selain kapur, media tanam juga perlu mendapat dedak sebagai makanan jamur. "Sebenarnya, bisa tanpa dedak, namun nanti tidak maksimal," ujar Ahmad.

Dalam pencampuran dedak, Edo menjelaskan,perlu pembongkaran kompos jerami terlebih dahulu. Setelah proses pencampuran selesai, di hari ke delapan, media tanam dimasukkan ke dalam kumbung. Setelah satu hari, kumbung perlu disterilisasi dengan penguapan. "Di hari kesepuluh, baru bibit jamur ditabur-kan," lanjut Edo.

Harga bibit jamur merang bervariasi antara Rp 2.400 sampai Rp 4.000 per paket atau log. Dalam satu kumbung, biasanya memerlukan 50 log bibit. Agar kelembapan dan suhunya terjaga, setelah tiga atau empat hari, bibit jamur merang perlu mendapat penyinaran matahari.

Panen bisa dilakukan setelah jamur merang berumur 20 sampai 40 hari setelah penaburan bibit. Masa panen yang cepat membuat pembudidaya tidak perlu menunggu lama memperoleh hasil.Jamur merang dipanen saat masih berbentuk lonjong atau bulat. Yang kualitas baik dihargai Rp 21.000 sekilo, sedang yang mekar atau pecah hanya Rp 10.000-Rp 15.000.

INFO PASAR SENI LUKIS INDONESIA:http://artkreatif.net/

Entri Populer