" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bagaimana Menghijaukan Dunia Usaha

Bagaimana Menghijaukan Dunia Usaha

Serba hijau menjadi trend masa kini. Mulai dari green label , green product, green packaging , green producers , green consumer , green business dan sebagainya. Semua ini sangat erat kaitannya dengan masalah pengelolaan lingkungan yang telah menjadi tuntutan pasar demi keselamatan dan kelestarian lingkungan. Pendekatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mempertahankan kesinambungan dalam aktivitasnya yang berwawasan lingkungan dikenal dengan bisnis hijau.

Apa saja aspek yang perlu dikembangkan untuk mencapai ko-rporasi/bisnis yang berkelanjutan dan peduli pada lingkungan-.

1. Menciptakan produk dengan karakter dan komposisi yang memiliki dampak kepada lingkungan yang lebih kecfl.

2. Meningkatkan penggunaan bahari mentah yang lebih efisien atau yang renewable (terbarukan). Kertas misalnya tidak lagi hanya bisa dibuat dari bubur kertas yang berasal dari batang kayu. Bambu dan beberapa tanaman altematif lain yang memiliki serat yang lebih panjang dan halus dapat menekan penggundulan hutan.

3. Mengefisienkan penggunaan kemasan dan penggunaan bahan kemasan yang bio degradable atau minimal bisa digunakan berulang-ulang (re-use).

4. Mengefisienkan pemakaian energi dalam proses produksi.

5. Meningkatkan ketahanlamaan (durability).

6. Memperkenalkan program pengelolaan lingkungan yang komprehensif dan terintegrasi yaitu strategic product, sistem produksi dan pelaksanaan pengelolaan limbah yang aman lingkungan, selanjutnya ditetapkan sebagai prioritas utama korporat

7. Berperan aktif dalam menyelesaikan masalah lingkungan global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, yang meliputi keamanan produk yang dikonsumsi oleh manusia (makanan), proteksi ekosistem, mengurangi populasi dan konservasi energi dan sumberdaya alam.

8. Mengedukasi seluruh karyawan agar mempunyai motivasi ber-tanggungung jawab terhadap lingkungan dalam melaksanakan setiap aktivitasnya.

9. Mengembangkan produk dan jasa yang aman bagi lingkungan, efisien dalam penggunaan energi dan sumber daya alam dan dimungkinkan untuk didaur ulang atau dibuang secara aman.

10. Mengembangkan fasilitas dan operasi dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, meminimumkan dampak dan limbah yang dihasilkan serta merencanakan pembuangan akhir residu limbrfi yang aman lingkungan.

11.Melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan bahanbaku; proses, produk, kemasan, pengelolaan limbah, transportasi, distribusi dalam rangka ecoefnciency.

12. Melakukan modifikasi proses, pemasaran atau penggunaan produk yang dapat mencegah kerusakan lingkungan.

13. Mendorong kontraktor dan supplier dalam mengembangkan bisnis berwawasan lingkungan.

14. Mengembangkan dan mencegah teriepasnya B3 ke lingkungan dengan menerapkan chemical management

15. Mengkontribusikan pengembangan kebijakan dan program-program bisnis untuk meningkatkan kesadaran dan proteksi terhadap lingkungan.

16. Menjadi mediator dalam dialog dengan masyarakat dan karyawan dalam mengantisipasi dan merespon hal-hal yang berkaitan dengan bahan baku yang berpotensi B3 serta dampaknya terhadap operasi, produk, limbah dan perpindahan lintas batas.

17. -Mentaati semua peraturan yang berkaitan dengan aspek ling-kungan dan secara rutin membuat laporan pelaksanaannya untuk disampaikan pada institusi yang berwenang.

GALERY LUKISAN,PATUNG,FOSIL KAYU,UKIR-UKIRAN JAKARTA http://artkreatif.net/

Entri Populer