" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Proposal Bisnis, Pintu Pembuka-Kesuksesan Usaha

Proposal Bisnis, Pintu Pembuka-Kesuksesan Usaha

Membuat sebuah proposal bisnis yang menarik ternyata susah-susah gampang. Di dalamnya mesti tercantum profil perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi, serta produk yang akan dipasarkan. ika Anda seorang pemilik usaha atau hendak memasuki dunia bisnis, hal pertama yang harus di-i ialah menyusun suatu perencanaan bisnis. Pasalnya, perencanaan bisnis bisa diibaratkan sebuah peta bagi pencari harta karun. Jadi, perannya . sangat penting untuk memandu jalan menuju kesuksesan dalam berbisnis.

Suatu peta yang baik akan dengan mudah mengantarkan .pemiliknya sampai ke tujuan, (alur menuju tujuan akhir tentunya memunyai urutan-urutan yang logis. Harus disadari pula bahwa setiap bisnis akan memiliki perbedaan, dan situasi yang muncul akan sangat bervariasi. Meski demikian, dalam penyusunan sebuah rencana bisnis, peraturan-peraturan dan pola-pola tertentu harus tetap diikuti.

Perencanaan bisnis merupakan jantung atau jiwa operasi, dan merupakan perangkat dokumen paling penting yang akan diberikan kepada setiap lembaga pemberi pinjaman dana atau investor potensial. Di dalam perencanaan bisnis itu biasanya dijelaskan besarnya jumlah dana yang diperlukan untuk menggelind-ingkan roda usaha dan informasi pendahuluan tentang usaha calon pebisnis kepada investor.

Selain sebagai sebuah perangkat, perencanaan bisnis bisa menjadi bakti bahwa calon pelaku usaha memiliki inisiatif yang baik dan memunyai kedisiplinan diri untuk memfokuskan energi serta pikiran pada suatu proyek penting. Bahkan, dari perencanaan atau proposal bisnis yang dibuat itu, dapat diketahui pula seberapa dalam tingkat pemahaman calon pebisnis mengenai cara pencapaian kemajuan dan pertumbuhan, menyelesaikan masalah-masalah yang mengadang, dan mencapai sasaran-sasaran tertinggi.

Di dalam dunia usaha, perencanaan bisnis kerap dianggap pula sebagai perangkat komunikasi terhadap rencana utama. Pasalnya, proposal itu bisa menjadi sebuah pernyataan tentang tujuan yang akan memungkinkan calon pebisnis menyampaikan langkah demi langkah untuk mencapai sasaran kepada para kolega.

Mereka yang tergolong sebagai pemula di dunia bisnis biasanya menghadapi kesulitan dalam membuat proposal bisnis. Hal tersebut terbilang wajar karena kebanyakan orang mengasumsikan proposal bisnis harus dibuat sangat sempurna dan tidak boleh salah.

Apabila salah memaparkan maksud yang ada di dalam proposal bisnis tersebut, jualan yang akan dipasarkan bakal dianggap tidak meyakinkan klien. Oleh

karena itu, pengetahuan seputar proposal bisnis, serta cara membuat proposal yang menarik, sangat penting diketahui oleh para pebisnis pemula.

Menurut pakar karier dan perbisnisan dari Sien Consultant, Amaryllia Puspasari, proposal bisnis yang menarik dibuat dengan menggambarkan referensi secara akurat terhadap potensi bisnis dari pemain bisnis lain. "Selain referensi yang akurat dan tepat, proposal bisnis harus pula memuat produk yang akan diambil pasarnya," imbuh Amaryllia.

Proposal bisnis dikatakan menarik apabila memenuhi beberapa poin penting bahasan, di antaranya profil perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi, serta kebijakan perusahaan. Menurut Amaryllia, di dalam proposal tersebut mesti dijelaskan pula mengenai produk yang akan dihasilkan dan alasan untuk me-ngembangkan produk tersebut. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan penggambaran segmentasi pasar, termasuk gambaran pemasaran, jenis konsumen, serta estimasi penjualan produk.

Prospek bisnis tersebut, lanjut dia, mengandung perkiraan yang biasa dibuat dengan menjelaskan nilai pengembalian modal yang terestimasi dalam bentuk rasional, optimistis dan pesimistis. Poin penting yang terakhir adalah di dalam proposal bisnis mesti tercantum pula jenis-jenis strategi dan posisi pengembangan usaha yang akan dilakukan oleh organisasi. Apabila poin-poin penting itu benar-benar dipenuhi, sebuah proposal bisnis pun siap dipresentasikan.

Tip Khusus

Memang, untuk membuat proposal bisnis yang menarik, diperlukan pula tip-tip khusus. Tippertama, proposal bisnis harus dapat menjelaskan strategi yang akan dilakukan untuk merebut pasar dari kelompok bisnis lain. Dengan demikian, gambaran visi dan misi bisnis tersampaikan secara konkret dan jelas.

Tip kedua, penambahan poin naratif dan diagram atau skema proses sebaiknya dibuat berimbang. Amaryllia berpendapat secara psikologis, beberapa pembaca menyukai bentuk naratif, baik itu berupa gambar maupun diagram. Penjelasan runtun tersebut, lanjut dia, sebaiknya dilengkapi dengan analisis status kelayakan yang merupakan konversi antara strategi, kondisi usaha yang sekarang, dan investasi terhadap pencapaian yang akan didapatkan oleh perusahaan itu. "Dengan demikian, pemaparan akan sangat jelas tertuang dalam proposal bisnis yang dibuat," ujar Amaryllia.

Dalam pandangan Riana, seorang perajin batik merek Morodadi dari Jawa Tengah, pembuatan proposal bisnis sangat penting. Menurut dia, terjun ke dunia bisnis tidak boleh setengah-setengah, artinya hal-hal detail seperti poin-poin penting yang harus ada di dalam sebuah proposal bisnis yang baik harus benar-benar diperhatikan.

"Kami selalu detail memaparkan keunggulan produk yang kami jual dengan menuangkan ide-ide kreatif di dalam proposal bisnis," kata Riana.

Lebih lanjut, dia menyatakan proposal bisnis sangat berpengaruh pada keberhasilan rencana pemasaran produk jualannya hingga memenuhi target. Sebab, tidak mudah memperkenalkan sebuah produk kepada klien dan konsumen, terlebih produk batik yang banyak ragamnya.

Senada dengan Riana, Amaryl-lia menuturkan proposal bisnis sangat bermanfaat, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, proposal bisnis bisa mendukung penyusunan program kerja jangka pendek dan jangka panjang. Sementara itu, manfaat eksternal dari proposal bisnis adalah memberikan keyakinan yang kuat kepada shareholder dan stakeholder terhadap performa bisnis yang akan dijalani. "Untuk penyerahan ke pihak ketiga yang membutuhkan, sebaiknya proposal bisnis disusun dengan format gabungan antara analisis studi kelayakan dan rencana kerja," ungkap Amaryllia.

Bisa dikatakan proposal bisnis merupakan pintu pembuka menuju kesuksesan usaha. Riana meyakini, berawal dari pembuatan proposal bisnis yang baik dan sempurna, usahanya dapat dengan mudah menembus pasar yang diinginkan. vin/L-2.

info pasar lukisan dan industri kreatif.http://artkreatif.net/

Entri Populer