Perlahan namun pasti, gedung Smesco UKM di Jakarta mulai diakui eksistensinya sebagai "galeri" produk-produk koperasi dan UKM di seluruh Indonesia. Lihat saja, sebanyak tujuh provinsi sudah merealisasikan program ekspose produk KUKM unggulan daerah di tersebut yang bakal segera disusul provinsi-provinsi lainnya. "Untuk tahap pertama ada tujuh provinsi telah.mereaiisas-ikan rencana untuk mengekspose produk unggulannya di Gedung Smesco UKM," kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM, Yuana Sutyowati Barnas, dalam acara Pembukaan Program Ekspose Produk Unggulan KUKM Daerah di Gedung Smesco UKM Jakarta, Selasa. Tujuh provinsi itu adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur.
Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan pun menyambut baik program ekspose produk unggulan daerah itu. "Saya harapkan akan menyusul provinsi lain mendisplay produk unggulannya," katanya. Menkop mengharapkan Gedung Smesco UKM ke depan menjadi pintu gerbang produk UKM seluruh Indonesia sehingga memberikan kemudahan dan pelayanan kepada konsumen baik di dalam maupun di luar negeri.
Ia juga berharap melalui Gedung Smesco UKM pula dapat dibentuk citra produk UKM yang berkualitas dan mampu bersaing. "Kita juga percaya bahwa tanpa pemasaran yang bagus maka kegagalan membina KUKM menjadi ancaman tersendiri bagi kita. Jadi kami sangat concern agar sarana Gedung Smesco UKM ini menjadi representasi produk UKM dari seluruh penjuru tanah air," katanya.
Sebelumnya, kata Yuana, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan 22 provinsi untuk merealisasikan program ekspose produk tersebut. "Program ekspose produk KUKM unggulan daerah di Gedung Smesco UKM merupakan langkah awal untuk mewujudkan gedung ini menjadi rumah bagi pelaku KUKM," katanya.
Yuana menambahkan, program ekspose produk itu bertujuan untuk mengembangkan sarana dan prasarana pemasaran bagi produk KUKM unggulan daerah. Selain itu, program ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan promosi produk KUKM unggulan daerah, mengembangkan jaringan bisnis, mengembangkan kemitraan, dan meningkatkan daya saing produk KUKM. "Sasaran kami adalah berkembangnya pasar bagi produk KUKM unggulan daerah dari 33 provinsi, sentralisasi produk KUKM unggulan daerah dengan desain lokal berkualitas internasional, dan tersedianya pusat promosi produk KUKM," katanya.
Pihaknya juga berharap program ekspose produk tersebut juga dapat meningkatkan daya saing produk KUKM di pasar lokal maupun internasional dan meningkatnya promosi dan pemasaran produk kreatif terbaik KUKM dari 33 provinsi dan daerah istimewa. Program itu akan terus diupayakan menjadi display produk dengan konsep ritel modern yang berkelas, memiliki kesan, dan ciri khas keunikan seni budaya daerah sehingga berdaya tarik tinggi, rin
GALERY LUKISAN,PATUNG,FOSIL KAYU,UKIR-UKIRAN JAKARTA http://artkreatif.net/