" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Wirausaha Muda Sambut Tawaran FIPOB V

Wirausaha Muda Sambut Tawaran FIPOB V

WIRAUSAHA muda Indonesia perlu menggali terus potensi ekonomi kelautan, mulai dari kandungan laut Nusantara yang melimpah ruah hingga potensi pariwisata dan kuliner di kawasan pantai. Tidak kalah penting juga bisnis olahraga bahari yang semakin menjadi tren internasional.

Demikian dijelaskan Asisten Deputi Kader Kewirausahaan Pemuda/ Wks Asisten Deputi Kelembagaan Kewirausahaan Pemuda, Sukarno, dalam acara Forum Kewirausahaan Pemuda Tingkat Nasional bertema Optimalisasi peranlembaga keiinransalman pemuda dalam mendorong pengantongan potensi htiirniisaluinn pemuda di Anyer, Banten, beberapa waktu lalu.

Para wirausaha muda yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan siap mengembangkan potensi-potensi bisnis yang terdapat di kawasan bahari Indonesia dengan pola kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat luas.

"Kemitraan pemerintah dan wirausaha muda untuk menangani potensi bisnis di kawasan bahari sangat diperlukan. Kalau potensi bisnis ini disia-siakan, jangan heran jika pihak asing akan segera mengambil alih pengembangan bisnis bahari ini," ujar Sukarno.

Festival Internasional Pemuda dan Olahrag-a Bahari (F1POB) V dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng di pelataran Sol Elite Marbella, Anyer, Banten, pada 2 November 2010.

Menpora menjelaskan bahwa FIPOB V yang diikuti oleh banyak negara asing merupa-kan momentum Indonesia untuk mengabarkan kondisi negeri yang indah dan prospektif untuk investasi di berbagai bidang.

"Sebagai negara bahari, Indonesia harus mampu memperkenalkan kekayaan laut dan dunia olahraga perairan kepada masyarakat internasional," ujar Andi.

Gubernur Banten Ratu Atut C h o s i y a h dalam sam-bulannya mengatakan FIPOB V ini diramaikan 55 negara dan 33 provinsi dengan 11 kejuaraan internasional serta 16 kegiatan untuk daerah dan nasional.

Bagi Banten, FIPOB V merupakan ajang yang spesial karena bertepatan dengan hari ulang tahun X Provinsi Banten. Dengan begitu, perayaan FIPOB diisi dengan rangkaian kegiatan HUT provinsi yang didirikan pada 2000 ini.

FIPOB V di Banten ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu skala internasional, nasional, dan daerah. Kegiatan berskala internasional antara lain seminar internasional industri olahraga bahari, jerski, s)iorkeling, renang keliling pulau, windsurfing, lomba memancing, dan kejuaraan paramotor.

Sementara itu, yang berskala nasional yaitu reli wisata pantai, voli pantai terbuka, renang pantai terbuka, pengembangan sportkids bahari, pameran alat olahraga bahari, dan temu idola atlet bahari.

Kegiatan yang berskala lokal daerah yaitu lomba perahu hias, panjat pinang pantai, lomba layang pantai, sepak bola pantai, lomba olahraga tradisional pantai, lomba makan kerang satu tangan, dan senam massal di Pantai Anyer.

info pasar lukisan dan industri kreatif.http://artkreatif.net/

Entri Populer