" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Industri Olahan Makanan Serap 21.550 Pekerja

Industri Olahan Makanan Serap 21.550 Pekerja

Industri olahan makanan dan minuman kini menjadi industri unggulan Kab. Bandung yang mampu menyerap tenaga kerja dan investasi cukup besar. Sekarang ini tidak kurang dari 21.550 orang bekerja pada sektor olahan makanan dan minuman dengan investasi mencapai lebih dari Rp 230 miliar.

"Dari data yang kami catat menunjukkan, jumlah industri agro berupa olahan makanan dan minuman mencapai 99 unit usaha kecil dan 46 unit usaha berskala menengah besar," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kab. Bandung H. Bambang Budiraharjo, Kamis (21/10).

Menurut Bambang, industri kecil agro menyerap investasi Rp 29,13 miliar dengan jumlah tenaga kerja 4.709 orang. "Sementara industri agro menengah besar dengan nilai investasi mencapai Rp 201,75 miliar, telah mampu menyerap tenaga kerja sampai 16.841 orang," ujarnya.

Untuk mendorong pengembangan industri olahan makanan dan minuman, terutama skala usaha mikro dan kecil, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kab. Bandung mengadakan temu bisnissecara rutin. "Dalam temu bisnis kali ini, kami mempertemukan para pengusaha kecil dan mikro yang bergerak di bidang olahan makanan dan minuman berbahan baku stroberi dengan pemilik modal dan pasar," katanya.

Temu bisnis melibatkan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pertamina Balongan Indramayu, Alfamart, dan Kementerian Perindustrian. "Kami berharap, melalui kegiatan temu bisnis ini, para pengusaha kecil dan mikro bisa berhubungan langsung dengan mereka," tuturnya.

Menurut Bambang, temu bisnis melibatkan juga penyedia modal kerja, yakni Pertamina melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan. "BUMN seperti Pertamina menyediakan dana murah bagi pengusaha kecil dan mikro dengan bunga hanya enam persen per tahun," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, kegiatan temu bisnis tersebut dilakukan secara rutin untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk unggulan Kab. Bandung. Troduk unggulan rhi, antara lain produk olahan buah stroberi dari Kec Ciwidey, Pasir-jambu, dan Kec. Rancabali," ucapnya.

info pasar lukisan dan industri kreatif.http://artkreatif.net/

Entri Populer