" Status YM ""
ukm indonesia sukses: SENTRA MEBEL KELAS DUNIA

SENTRA MEBEL KELAS DUNIA

DENGAN luas wilayah 659 ha, Kelurahan Jatinegara yang masuk dalam kecamatan Cakung ini, terbilang cukup luas di Jakarta Timur. Data 2009, jumlah penduduknya tercatat 54.044.000 jiwa. "Sekitar delapan puluh persen penduduk kami bermata pencaharian di bidang kerajinan mebel (furniture). Dua ratus lebih pemilik perusahaan mebeler, baik yang besar maupun yang kecil kelas rumahan," kata Lurah Jatinegara, Bambang Siswanto SH, kemarin.

Mantan Lurah Pekayon Kecamatan Pasar Rebo ini mengungkapkan, keberadaan usaha mebeler tersebut tidak memberikan kontribusi ke kas kelurahan, karena perizinannya ditangani Suku Dinas UKM dan Perdagangan Jakarta Timur dan ke Dinas UKM dan Perdagang gan Provinsi DKI Jakarta.

"Tapi setidaknya mereka ikut mengentaskan masalah pengangguran di wilayah ini. Kalau pun ada anak-anak yang putus sekolah, merekabisa terserap bekerja di usaha mebel itu. Setidaknya ini bisa mencegah munculnya daerah rawan kejahatan."

Bila kaum prianya sudah memiliki pekerjaan, tinggal tugas lurah dibantu dewan kelurahan dan RT-RW untuk memberdayakan kaum wa-nitanya deflgan membuka usaha, dari tingkat rumahan sampai bisa keluar rumah. "Melalui program pemberdayaan masyarakat kelurahan (PPMK), khususnya kaum ibu, pendapatan keluarga bisa terdongkrak untuk biaya sekolah anak-anaknya, maupun menambah modal usa- ha," tutur Bambang.

RANGKUL PENGUSAHA

Bambang yang mulai menjabat sejak Januari 2009 ini rajin merangkul para pengusaha mebeler dalammenjaga kebersihan dan keasrian di lingkungan sekitarnya. "Untuk proyek Adi-pura, Jakarta Timur, mereka kami minta agar mengecat pagar di sekitarnya."

Usaha produk mebel berikut showroomnya banyak tersebar di sepanjang Jalan Raya Bekasi Timur, dari Pasar Klender sampai perempatan Tugas-Kawasan Industri Pulogadung ini, bukan saja untuk pangsa lokal, tapi juga dieskpor. Pengusa"-ha mebeler pun mendatangkan pekerja dari Jepara yang terkenal ahli membuat motif ukiran, karena banyak diminati orang asing. Harapan lurah, ada alih ketrampilan seni ukir kepada pemuda setempat. . ,

Di mata Camat Cakung, H.Lukman Hakim SH MSi, kinerja Lui ah Jatinegara ini cukup baik. Prestasi pengumpulan PBB di tahun 2009 melampaui target dari Rpl5,3 miliar lebih naik menjadi RplS, 6 miliar lebih (102%). Begitu juga ZISdari target Rp76,7 juta lebih juga melonjak menjadi Rp 77,8 juta lebih (101,40%), dan pengumpulan Dana PMI selalu 100%. PKK Kelurahan Jatinegara, ungkap Camat Cakung, pernah menjadi Juara I Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Nasional dan mendapat hadiah berupa bantuan mobil ambulance. "Juara I Kader PKKTeladan tingkat Provinsi DKI Jakarta, Juara II Kader BKB Paud juga tingkat provinsi, dan Juara II Karang Tarurta Tingkat Nasional. Jelas ini prestasi yang membanggakan," tandas Lukman Hakim.

PPMK BIKIN MANJA

Mengenai program PPMK yahg digulirkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo,, banyak tokoh masyarakatyang mengadu kepada Lurah Bambang. "Mereka bilang PPMK telah membuat masyarakat manja."

Bambang sendiri ikut me-las.itjaniiyu. Saat musyawarah rafngadakan melin kompos pengolah sampah, beberapa warga minta.,seluruh anggaran dari kelurahan. "Kita memang ikui membantu dana sebagai stimulan, perangsang agar warga bergotong royo"ng menggenapi dananya," tuturnya.

Namun sebagai aparat pemerintah terdepan, Bambang selalu mengingatkan betapapun proyek dari pemerintah, itu tidak melulu berupa fasilitas, tapi untuk yang kecilkecil kini lebih merupakan stimulan. Sehingga warga masyarakat ikut menjadi . subyek pembangunan, bukan obyek.

Entri Populer