" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Mozambik Pintu Masuk Pasar Produk UKM

Mozambik Pintu Masuk Pasar Produk UKM

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan. Mozambik sangat potensial menjadi pintu masuk pasar produk usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia ke Afrika dan negara-negara Uni Eropa. Ia mengatakan, pihaknya telah sepakat menjalin kerja sama dengan Mozambik dalam hal pemberdayaan koperasi dan UKM.

Menurut Sjarifuddin, Mozambik saal ini merupakan negara tujuan investasi bagi negara-negara SADC (khususnya Afrika Selatan) dan Uni Eropa. "Dengan kita masuk ke Mozambik maka peluang untuk mengakses Afrika dan Uni Eropa akan semakin besar." ujarnya di Jakarta, kemarin, seperti diberitakan Antara.

Pembangunan Mozambik, kata menteri, tidak banyak menghadapi kendala karena adanya komitmen kontinuitas bantuan dari Uni Eropa, Amerika Serikat. Bank Dunia. Dana Moneter Internasional (IMF!. OKI. dan lembaga keuangan internasional lainnya. Hal itu ditunjang dengan semakin stabilnya kondisi politik dan ekonomi negara itu dalam satu dekade terakhir. "Mozambik sendiri menganggap Indonesia sebagai negara yang punya pengaruh besar di Asean dan kawasan Asia." katanya.

Saat ini. komoditas ekspor ulama negara yang beribu kota di Maputo itu terdiri dari aluminium, udang, kacang mete, kapas, gula, buah citrus, produk kayu, dan tenaga listrlk.

Entri Populer