" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Darwin Tolak Usulan Menperin Soal listrik UKM

Darwin Tolak Usulan Menperin Soal listrik UKM

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Z Saleh belum menerima surat resmi Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat, terkait permintaan keringanan tarif dasar listrik (TDL) untuk usaha kecil dan menegah (UKM).

Namun, mcnurut Darwin, permintaan Menperin itu sulit disetujui, karena sudah cukup banyak beban subsidi yang harus ditanggung neg.ira. "Kalau dia (pelanggan listrik UKM) berada di voltase rendah (450-900 VA yang diputuskan tidak naik), ya oke." kata Darwin di Kantor Menko Perekonomian, Kamis (17/6).
pakah permintaan Menperin berarti tidak akan dipertimbangkan? Darwin tidak bersedia berko-mentar. "Saya belum dengar permintaan resmi itu tapi menjawab pertanyaan, tadi itu jawaban saya. Kalau di kisaran kemarin, ya itu." kata dia. Darwin beralasan siapa saja perlu mengetahui bahwa aspek kelistrikan itu tidak hanya saal tarif dibicarakan. Namun. PLN sebagai perusahaan peencdia listrik juga mengalami banyak persoalan operasional seperti trafo terbakar, tidak ada suku cadang, tidak ada kemampuan mengganti, tidak ada cadangan, dan persoalan lain. "Makanya lisi i ik bisa mati, di situ juga kila mengeluhkan permasalahan." kata dia.

Artinya, saal listrik mali, di situlah PLN sedang dalam keadaan sengsara. Padahal, kebutuhan listrik dipakai dan diperlukanbanyak pihak. "Pada prinsipnya, subsidi bagi rakyat oleh negara akan tetap diperlukan bagi rakyat tidak mampu." tutur Danvin.

Darwin menambahkan, subsidi listrik saat ini porsinya adalah yang kedua terbesar setelah subsidi balian bakar minyak (BBM). Total subsidi kcscluniJian dalam APBN sudah dianggarkan Rp 140 triliun "Jadi, subsidi itu adalah suatu keniscayaan bagi yang tidak mampu. Namun, mengurangi subsidi bagi yang mampu akan memberikan kemampuan bagi negara untuk membuka fasiltas infrastruktur yang lain," kata Darwin

Sementara Lembaga Pemeringkat Inicrnasiiin.il. Fitch Ratings menilai kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) mulai 1 Juli mendalang sebagai langkah positif bagi PLN dan industri listrik Indonesia

Dengan kenaikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan operasi PLN marjin dan posisi pendanaan imtuk program inves-* tasi yang cukup besar yang diperlukan PLN. "kenaikan lanf listrik Indonesia adalah lama tertunda karena PLN tidak mampu memulihkan generasi biaya. Namun, keinginan pemerintah untuk memotong subsidi listrik dan BBM pada 2014-2015 akan

meminta kenaikan tarif listrik lebih lanjut lagi dan bagi PLN ini adalah kesempatan untuk mengurangi biaya-biaya," ujar Direktur Fitcli Asia-Pasifik Energi Utilitas Simon Wong dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (17/6).

Menurutnya secara historis memang PLN sangat bergantung pada subsidi untuk menutupi selisih antara biaya tarif listrik ditetapkan oleh perwcriniali dan biaya produksi. Pada 2010 anggaran negara yang dialokasikan untuk subsidi listrik sebesar Rp55,2 (riliun atau naikdibanding anggaran semula yang sebesar Rp47.6 triliun.

Namun Fitch mencatat bahwa kemungkinan besar besaran subsidi akan dikurangi untuk kedepannya, hal ini karena PLN berkomitmen untuk mengurangi ketergantungannya pada balian bakar minyak dengan mendukungenergi altematif murah, seperti pembangkit listrik tenaga batu bara dan gas.

Untuk itu. pcnu nui.ih ingin memotong listrik dan subsidi BBM pada 2014-2015 untuk mempromosikan efisiensi energi dan mengurangi beban keuangan negara. "Reformasi listrik memungkinkan PLN untuk mencerminkan biaya produksi yang tentunya sangat menantang oleh politik model luirga ekoVionu dim akan sangat sulit untuk mengimplementasikan dalam jangka menengah." ungkap Direktur di Filch Asia Pasifik Perusahaan Jessie Wahab.

Mcnurut Wahab, perpindahan (arif ke harga ekonomi akan sulit bagi banyak pelanggan untuk menanggung, untuk itu diperlukan pemerintah untuk memberikan dukungan keuangan rakyat Namiui. Fitch akan mendukung pemberlakuan harga ekonomisecara bertahap dan transfer subsidi pemerintah diperlukan dari PLN kepada konsumen paling membunyikan

Seperti diketahui, hampir 35 persen dari kapasitas pembangkitan PLN masih menggunakan balian bakar minyak sehingga biaya operasi dasar perusahaan sangat terkena kenaikan harga pasar minyak.

Walaupun liarga minyak telah jatuh dari puncaknya pada pertengahan 2008, mengurangi tekanan pada marjin PLN, perusahaan akan terus dibatasi oleh campuran kapasitas yang relatif mahal. Setelah menyelesaikan Fast Track Program untuk membangun 10 ribu MW pembangkit batu bara bam dan rencana PLN untuk mengganti beberapa pabrik minyak-mcncmbak dengan pabril gas-fired, prakiraan PLN bahwa balian bakar generasi campuran saham batubara, gas dan minyak akan menjadi 57 persea 23 persen dan delapan persen mulai 2012.

PLN memiliki program belanja modal yang besar untuk mengurangi kekurangan listrik)ang ada. dan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam negeri, yang diperkirakan akan tumbuh sebesar sembilan persen per tahun sampai 2018.

Program belanja modal termasuk investasi dalam kapasitas generasi bam (Fast Track Program), dan meningkatkan jaringan transmisi dan distribusi untuk mengurangi kerugian transmisi dan untuk memperluas cakupan Sebagai program investasi PLN sebagian besar didanai utang.

Entri Populer