" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Bisnis Aksesori Melaju Menyalip Bisnis Motor

Bisnis Aksesori Melaju Menyalip Bisnis Motor

PENINGKATAN penjualan sepeda motor, terutama sku-ter matik (skutik), membuat bisnis aksesori di segmen ini juga semakin menggiurkan. Sekarang ini, tak hanya pebisnis kelas UKM saja yang menggarap pasar aksesori motor, tapi juga agen tunggal pemegang merek (ATPM).

PT Astra Honda Motor (AHM) bahkan telah merilis aksesori Scoopy sebelum sepeda motor ini ada di pasaran. AHM menawarkan beberapa paket aksesori, antara lainvisor kit, panel meter garnish, head lamp garnish, dan tail light garnish dengan harga di kisaran Rp 330.000 per paketnya.

Direktur Pemasaran AHM Julius Asian mengatakan, perusahaannya terjun ke bisnis ini karena permintaan aksesori resmi cukup besar. "Banyak pemilik motor yang merasa kurang puas dengan tampilan standar motor keluaran pabrik," katanya

General Manager Spare Parts AHM Herry Junaidi me-nambahkan, untuk sementara pihaknya hanya menyediakan aksesori Honda Beat dan Scoppy. Aksesori tersebut juga hanya bisa didapatkan di diler resmi Honda. Namun, nantinya, AHM akan memperluas penetrasi produk dengan bekerja sama dengan toko aksesori motor.

"ATPM harus terus memunculkan aksesori-aksesori. baru. Sebab, tum over aksesori cenderung cepat dibanding dengan motornya sendiri," katanya. Jika perubahanmodel (facelift) motor biasanya dilakukan paling cepat 2 tahun-3 tahun sekali, aksesoris bisa enam bulan sekali. Dus, dalam waktu enam bulan harus ada aksesori baru.

Soal aksesori, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) tak mau ketinggalan dengan AHM. Manager Divisi Aksesori Yamaha Djodi Herman mengatakan, pihaknya sudah terjun ke bisnis ini pada 2008 lalu. "Bisnis aksesori selalu tumbuh tiap tahunnya. Bahkan, bisnis ini menghasil-kan Rp 300 juta-Rp 500 juta per bulannya," katanya.

Ia menambahkan, Yamaha memiliki divisi tersendiri untuk mengurusi bisnis aksesori kendaraan. Beberapa produk yang telah dikeluarkan pabrikan ini antara lain helm, handle rem, kopling, kaca spion, tutup oli mesin, dan cover body. Semua produk itu sudah ada di seluruh diler Yamaha berikut garansinya

Entri Populer