" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Asean-AS kembangkan usaha kecil

Asean-AS kembangkan usaha kecil

Asean dan Amerika Serikat (AS) sepakat melibatkan peran UKM kedua belah pihak dalam meningkatkan perdagangan dan investasi di antara negara-negara tersebut. Kesepakatan itu tercapai dalam diskusi informal dengan pejabat tinggi United States Tinde Representative (USTR) dengan para menteri ekonomi Asean dalam roadshow para1 Menteri Ekonomi Asean ke Amerika Serikat.

Diskusi itu menyorot soal kena sama ekonomi dan perdagangan antara Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Tenggara, khususnya Asean. Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan pada prinsipnya kedua belah pihak bertukar pikiran mengenai upaya memajukan kerja sama dialog bisnis pemerintah, fasilitasi perdagangan, keterkaitan antara perdagangan dan isu lingkungan, serta pembiayaan perdagangan.

"Secara khusus ada kesepakatan agar ada perhatian lebih kepada UKM agar peningkatan perdagangan dan investasi antara Amerika Serikat dan khususnya negara Asean dapat Iebihmelibatkan UKM kedua pihak," kata Mendag sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis,kemarin.

Sebagai konsekuensi kesepakatan itu, kedua pihak juga sepakat agar pejabat senior Asean dan Amerika Serikat melanjutkan pembahasan tersebut dalam konteks Asean-US Trade and Investment Framework Arrangement (TIFA) dan melaporkan perkembangannya kepada para menteri pada Agustus mendatang.

Menurut Mari, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Amerika Serikat dan Asean yang didukung oleh peningkatan konektivitas masyarakat kedua pihak. Hal tersebut bertujuan agar hubungan kedua pihak tidak terbatas pada pencapaian angka statistik yang meningkat dan lebih seimbang, tetapi juga lebih mendekatkan masyarakat Asean dan Amerika Serikat dalam pengertian yang lebih luas.

"Amerika tetap merupakan mitra ekonomi dan perdagangan yang sangat penting bagi Asean, kendati Asean tengah memasuki kesepakatan FTA dengan mitra lainnya," ungkapnya. Dia melanjutkan apabila China mulai menggantikan negara lain sebagai tujuan utama ekspor dan sumber impor bagi Asean, Amerika Serikat tetap menyimpan potensi yang besar di sektor-sektor nonkonvensio-nal.

Entri Populer