" Status YM ""
ukm indonesia sukses: HSBC Dorong Wirausaha

HSBC Dorong Wirausaha

05/03/2012
HSBC Dorong Wirausaha


BANK HSBC Indonesia mendorong lahirnya wirausaha dari kalangan mahasiswa. Upaya itu dilakukan dengan menggelar program pengembangan wirausaha yang bertajuk Young Entrepreneur Challenge (YEC) 2012. Program yang berlangsung hingga Juli 2012 itu merupakan ajang kompetisi bagi para mahisiswa dalam pembuatan business plan yang kreatif.

Maya Rizano, Head of Comm um cations Corporate Sustainability HSBC Indonesia berharap, program ini bisa menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan mahasiswa. "Hal ini penting karena mahasiswa merupakan katalisator perekonomian bangsa," ujarnya.

Selain kompetisi pembuatan business plan, dalam program ini para mahasiswa juga akan diberi pelatihan di bidang pengembangan usaha. "Kreativitas, pengembangan mental, dan pola pikir yang maju menjadi unsur utama karakter yang harus diciptakan untuk menjadi wirausahamuda yang andal," ujar Maya

Selama ini jumlah lulusan perguruan tinggi yang terjun ke dunia usaha memang masih sangat sedikit. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemkop UKM) menyebutkan, dari puluhan ribu lulusan perguruan tinggi hanya sekitar 17% yang terjun ke dunia wirausaha. Sementara jumlah wirausaha di Indonesia hingga Januari 2012 sebesar 1,56% dari total jumlah penduduk. Jumlah ini jauh di bawah China dan Jepang yang mencapai 10%, Singapura 7%,-dan Malaysia 5%.

Agus Muharram, Deputi Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia berharap, ajang ini mampu menempa generasi muda menjadi entrepreneur dan dapat membuka lapangan kerja baru, menurunkan kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan. "Para peserta ajang ini adalah lulusan yang masih produktif," ujarnya.

Sumber : Harian Kontan
Fahriyadl


Entri Populer