" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Agar Penawaran melalui Internet Lebih Efektif

Agar Penawaran melalui Internet Lebih Efektif

19/03/2012
Agar Penawaran melalui Internet Lebih Efektif


Berapa kali dalam sehari Anda menerima e-mail ? Apakah Anda sudah membuka dan membaca seluruh e-mail yang masuk? Bisa jadi seseorang menerima e-mail bukan hanya 1 kali,2 kali, atau 10 kali. Ada banyak orang yang menerima e-mail dalam jumlah belasan, bahkan puluhan, setiap harinya (mung-kin ada yang menca pai ratusan).

Nah, apa yang Anda laku-, kan jika dalam sehari menerima belasan atau puluhan e-mail yang berasal dari orang yang tidak Anda kenal? E-mail dari orang yang Anda kenal sekalipun mungkin saja belum sempat Anda baca hingga hari ini, apalagi e-mail dari orang yang tidak Anda kenal. Saking banyaknya e-mail yang masuk, tidak jarang dari Anda langsung men-delete sebelum membukanya.

E-mail-e-mail itu biasanya baru sempat dibuka saat ada waktu longgar. Mungkin Anda akan menyempatkan sedikit waktu untuk melihat-lihat isi e-mail tersebut. Namun, faktanya hanya sedikit orang yang benar-benar menyempatkan diri membaca keseluruhan isi e-mail dari orang tidak dikenal. Persentasenya mungkin hanya sekitar 10-20% saja. Sisanya mungkin mengabaikan e-mail-e-mail yang diterimanya atau mungkin hanya membaca sekilas saja atau langsung menghapus sebelum dibaca.

Kemudian.bagaimana caranya agar e-mail atau e-newsletter (electronic newsletter) ki-ta bisa menarik calon pelanggan atau konsumen dan mereka mau membaca dengan lebih saksama? Bagaimana agar penawaran-penawaran yang kita berikan melalui internet (baik berupa e-mail,e-newsletter atau yang lainnya) menjadi lebih efektif dan berhasil guna?

Newsletter atau nawala merupakan sebuah "pamflet" atausuratkabaryangditer-bitkan secara berkala kepada khalayak umum tentang perkembangan atau berbagai update kegiatan suatu perusahaan. Di dalam newsletter tersebut terkadang juga diselipkan berbagai penawaran dari perusahaan/instansi terkait. Namun, sayangnya, banyak ditemukan penawaran yang diberikan melalui e-mail atau e-newsletter yang tidak berkualitas, seolah hanya dibuat begitu saja tanpa adanya konsep yang jelas dan matang. Padahal, jika kita mampu dan mau merancangnya dengan baik, hal itu akan membantu peningkatan kredibilitas, eksistensi perusahaan, serta membantu dalam peningkatan pemasarannya.

Untuk membuat suatu bentuk penawaran yang menarik dan efektif melalui e-mail ataupun e-newsletter, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini. 

1. Buatlah suatu headline yang menarik dan tentunya sangat menjual. Sebagai contoh, ketika seseorang melihat e-mail biasanya mereka akanmelihat subjeknya terlebih dahulu. Jika dari judul subjeknya saja sudah kurang menarik, dalam hitungan sekian delik c mail atau e-newsletter tersebut akan terabaikan. Bahkan mungkin langsung di-delete. Oleh karena itu, lakukan tes dan ukur. 

Ca-ranya, ketika Anda membuat judul/ subjek, pasti kan dites kecil terlebih dahulu, misalnya lakukan tes di tim Anda. Misalnya tim Anda terdiri atas 50 orang, ternyata yang menyukai hanya 1 orang atau 3 orang, maka sebaiknya Anda harus mencari alternatif head-/inelain. Memang, itu hanya tes kecil, tetapi setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum diberikan kepada ratusan orang, bahkan puluhanribu, data pelanggan/calon pelanggan Anda.

2. Isi penawaran yang singkat. Gunakan bahasa s na, tetapi memiliki daya tarik. Hingga hari ini masih banyak ditemukan berbagai penawaran yang menggunakankyang sangat panjang dantidak jelas inti penawarannya. Untuk mempermudah pembaca, alangkah baiknya jika penawaran kita menggunakan ka-limai yang singkat, bagilah atas poin-poin yang jelas, pergunakan huruf besar, garis bawah atau cetak dengan huruf tebal untuk memberikan penekanan inti penawaran. Maka, dalam waktu singkat seseorang akanbisasegerafokuspadainti penawaran yang kita berikan

3. Sertakan gamlKu ilustra si yang sederhana menarik, dan berguna Dalam e-mmf, e-newsletter, selipl atau iii ng memungkinkan tarik untukmelihainx.i Pastikan ada yang nendukung penawaran Anda. Misalnya foto testimoni, gambar grafik yang ilmiahatau data-data yang paling update ii.in .ikni.ii [ngat,tidak sedikit ikan merasa bosan jika menerima e-mail hanya berup.i nilis.ni semua, mengapa? 

Karena mungkin sebelumnya mereka t lah menerima belasan, batik.in puluhan, mail atau ni iw lena dalam bentuk tulisan Untuk itu, buall.ili sesuatu lebih menarik, tetapi pastikan bermanfaat. Inilah contohnyaa. "Anda iniii mendapatkan CD yang berjudul "ABC dengan harga s.tn ..i pi iai (tetapi tanpa gambar sampul CDnya) atau...b. "Anda ingin mendapatkan CD "ABC" ini dengan harga sangat spesial?" Diser! a uangan gambar CDyangjelasdanlin yang menarik. Kira-kira Anda memilili (ai atau(b)?

Ternyata kbih banyak orang yang akan tertarik jika penawaran kila disertai k-" baryariK lebih jelas dan menarik. Dan. pasukan agar gambar, grafik, atau fotonya dalam ukuran yang kecil, tetapi tetap dengan kualitas yang baik laorangmudahdanbisa tepat untuk melihatnya.*

Sumber : Harian Seputar Indonesia


Entri Populer