" Status YM ""
ukm indonesia sukses: Menjajal Gurihnya Bisnis Spaghetti

Menjajal Gurihnya Bisnis Spaghetti

23/02/2012
Menjajal Gurihnya Bisnis Spaghetti
Menimbang tawaran waralaba dari Demen Spaghetti


JAKARTA. Mungkin karena mirip-mirip dengan mie, ku-dapan asal Italia, spaghetti, juga cocok saja di lidah masyarakat Wta. Lantaran pasarnya ada, penjaja spaghetti pun juga terus bermunculan, mulai dari kelas gerobak hingga kelas restoran.

Diantara sekian banyak penjaja spaghetti, banyak terselip pemain baru di bisnis ini. Salah satunya Demen Spaghetti asal Cirebon, Jawa Barat. Berdiri tahun 2010, Demen Spaghetti mulai menawarkan kemitraan di awal tahun ini.

Saat ini, Demen Spaghetti sudah memiliki dua gerai milik sendiri. Kedua gerai itu berada Cirebon dan Kuningan, Jawa Barat. Manager Ft chise DemenSpaghetti, Apik S R(jal bilang, tawaran kemitraan mereka berbeda dari yang lain. Kendati sama-sama mengusung menu utama spaghetti, tapi Demen Spaghetti menawarkan citarasa lokal.

Menu utama yang mereka tawarkan adalah spaghetti balado. Karena tawaran ini baru, ia mengaku belum miliki mitra. "Tapi sekarang sudah ada dua calon mitra yang akan bergabung," kata Apik.Calon mitra itu berasal dari Jakarta dan Medan. Saat ini mereka tengah mencari lokasi strategis untuk berjualan. Demen Spaghetti menargetkan, tahun 2012 ini akan mendapatkan sebanyak 30 mitra.

Demen Spaghetti menawarkan dua paket investasi. Pertama paket investasi senilai Rp 35 juta dengan masa kerja sama selama lima tahun. Dengan membayar sebesar itu, mitra akan mendapat sejumlah peralatan, seperti booth, mangkuk, peralatan membuat spaghetti, kulkas satu pintu, bahari baku spaghetti, dan bumbu senilai Rp 1 juta. Selain itu, mitra juga akan langsung menjadi masterfinnch i-se bagi mitra pertama di kota tersebut.

Paket kedua senilai Rp 60 juta. Dengan membeli paket ini, mitra berhak membuka dua outlet sekaligus. Mitra juga akan mendapatkan perlengkapan yang sama dengan paket Rp 35 juta tadi.Hanya bedanya, dengan mengambil paket ini, mitra mendapat korting biaya investasi Rp 10 juta ketimbang membuka satu outlet dengan paket investasi Rp 35 juta

Demen Spaghettimengutipfranchise feesebesar 2% pertahun.
Demen Spaghetti menjanjikan, omzet mitra sebesar Rp 800.000 hingga Rp 1 juta per hari per outlet. Khusus untuk paket Rp 60 juta, omzet diperkirakan bisa dua lipatnya, atau mencapai Rp 60 juta per bulan. Dengan omzet sebesar itu, Apik menjanjikan balik modal selama lima hingga enam bulan kepada mitra

Dalam kerjasama ini, Demen Spaghetti mengutip/ntn-chisefee sebesar 2% per tahun dari nilai investasi awal. Demen Spaghetti juga memberikan kebebasan kepada mitra untuk menjual menu lain diluar spaghetti.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar menilai, Demen Spaghetti masih tergolong pemain baru dalam bisnis makanan cepat saji ini. Sebagai pemain baru, Demen Spaghetti harus memiliki keunikan tidak hanya dalam soal rasa Tapi juga dalam sistem operasional, prosesproduksi, dan produknya sendiri. "Mereka juga harus sudah memiliki contoh gerai yang sukses sebagai acuan mitranya," jelasnya Demen Spaghetti

Jl. Raya Pekalitan No 106, Kota Cirebon
HP 082115678678/0856598 48496

Sumber: Harian Kontan
Noverlus Laoli


Entri Populer